Resmikan Gerai Dekranasda, Kamelia Promosikan UMKM Sabang di Pintu Masuk Pelabuhan Balohan

 

Foto | Pj Ketua TP PKK Kota Sabang Kamelia Nasri saat berikan sambutan di Pelabuhan Balohan Sabang (01/03).

Sabang.AGN - Pj Ketua TP PKK Kota Sabang Kamelia Nasri resmikan Gerai Kerajinan Dekranasda Kota Sabang di Pelabuhan penyebraangan Balohan Sabang.

Hal tersebut bertujuan untuk mempromosikan hasil kerajinan UMKM kelas ibu rumah tangga binaan Dekranasda kepada wisatawan.

“ Kerajinan rumahan ini sempat berhenti saat pandemi, namun dengan berjalannya waktu Dekranasda mampu membangkitkan semangat para pengrajin untuk kembali melakukan aktivitas dan berkreasi mengikuti era kekinian saat ini,” demikian dikatakan Pj Ketua TP PKK Kota Sabang Kamelia Nasri saat membuka acara tersebut.

Foto |  Kamelia Nasri bersama Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya saat resmikan Gerai Kerajinan Dekranasda

Beberapa kerajinan UMKM yang dijajakan pada Gerai tersebut seperti gantungan kunci, lukisan kayu, bingkai foto, hiasan lain yang juga terbuat dari bahan pohon Kelapa, dari segi fasion ada bordir kain, batik dan rajutan yang telah menggunakan metode ecoprint.

Lebih lanjut dikatakan,  Tim Penggerak TP-PKK Kota Sabang terus melakukan pembinaan dan  berusaha menjadi motor penggerak bagi wirausaha untuk ditingkatkan kualitas dan kuantitas agar mampu bersaing dengan produk lain dengan mengembangkan karyanya.

Hal senada juga dikatakan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi, saat memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dijelaskannya, hadirnya gerai kerajinan sebagai upaya melahirkan produk kerajinan yang berkualitas serta mengharapkan wisatawan berbelanja dalam jumlah besar di Sabang.

Foto | Hasil Kerajinan UMKM Sabang

“Hampir tiap bulan Sabang disinggahi oleh kapal pesiar. Kapal pesiar [para wisatawan] juga mencari barang-barang yang layak untuk dibeli sesuai dengan tren dan kesukaan mereka, dan ini harus kita siapkan,” kata Reza Fahlevi.

Ia juga mengingatkan fungsi Dekranasda untuk membina dan membantu mempromosikan produk kerajinan UMKM. Di era digital, Reza Fahlevi juga berharap Dekranasda Kota Sabang bisa mempromosikan produk ke dalam platform-platform digital.(Prima)

0 Komentar