Senin, 14 Maret 2022

Panas! Perundingan Rusia dan Ukraina Berjalan Alot

Panas! Perundingan Rusia dan Ukraina Berjalan Alot

 

Foto: Kolase foto Presiden Rusia Vladimir Putin (kiri) dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (Russian Presidential Press Service and Ukrainian Presidential Press Office via AP)

Jakarta.AGN - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan perundingan putaran keempat dengan Rusia pada Senin (14/3/2022) menjadi pembicaraan yang sulit.

"Pembicaraan yang sulit terus berlanjut. Semua orang menunggu kabar. Malam ini kami kami akan melaporkan hasilnya," kata Zelensky melalui pesan video yang dikutip CNN International.

Adapun, negosiator utama dari pihak Ukraina mengatakan sesi keempat diadakan secara virtual dan tim berada di Kyiv. Sebelumnya, perundingan diadakan langsung di Belarusia.

"Para pihak secara aktif menegaskan posisi mereka. Komunikasi dilakukan meskipun sulit. Penyebab perselisihannya adalah sistem politik," tutur negosiator Ukraina sekaligus penasihat presiden Mykhailo Podoliak.

Menurutnya, Ukraina mengutamakan dialog bebas dalam masyarakat dan keputusan harus melalui konsensus. Di sisi lain, imbuhnya, Rusia cenderung menekan masyarakatnya dengan ultimatum.

Perundingan sendiri tercatat telah tiga kali dilakukan oleh kedua negara. Yang terbaru dilakukan di Turki pada Kamis pekan lalu dan dihadiri langsung oleh Menlu Ukraina Dmytro Kuleba dan Menlu Rusia Sergey Lavrov.

Perundingan yang berjalan 1,5 jam itu dilaporkan gagal dalam menyepakati hal-hal terkait penghentian perang. Perundingan itu hanya menyepakati beberapa poin mengenai gencatan senjata semenatara untuk evakuasi.


Dilansir dari laman CNBC Indonesia


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link