Sekdako Sabang tekankan Pemerintahan bebas korupsi di Sabang

Foto | Penyerahan cendera mata antara Pemko Sabang dan Kejaksaan Agung RI di Aula Aula Pulau Weh Kantor Walikota Sabang (28/05).

Sabang.AGN – Lanksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Negara, Pemko Sabang terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi.

"Jika terjadi benturan dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan di lapangan harus segera lakukan konsultasi dan koordinasi guna mendapatkan nasihat hukum dari instansi penegak hukum, agar kita dapat terhindar dari penyalahgunaan wewenang yang dapat menimbulkan tindak pidana korupsi,"

Demikian dikatakan Sekretaris Daerah Kota Sabang Andri Nourman saat membuka Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dalam Pengelolaan Keuangan Negara, yang diselenggarakan Pusat Penerangan Hukum (PUSPENKUM) Kejaksaan RIPeny, di Aula Pulau Weh Kantor Walikota Sabang, Selasa (28/05/2024).

Diketahui, Pemerintah Kota Sabang terus berkomitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, serta terus berupaya untuk membangun sistem pengelolaan keuangan negara yang transparan, akuntabel, dan efektif.

Masih Andri Nourman, kegiatan ini sangat penting dilaksanakan khususnya bagi ASN dan perangkat daerah yang menangani tata kelola keuangan, agar memiliki tingkat pemahaman tentang tindak pidana korupsi, menguraikan aspek pencegahan dan penindakan, serta pengenalan sistem pengendalian tindak pidana korupsi.

"Sehingga mereka mampu memahami langkah dan strategi guna mencegah tindak pidana korupsi, terutama dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan keuangan negara, di lingkungan Pemerintah Kota Sabang," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sabang Milono Raharjo, menjelaskan korupsi merupakan salah satu penghambat pembangunan dan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karena itu korupsi menjadi prioritas bersama dalam hal pencegahan maupun penindakannya.

"Semoga melalui penyuluhan ini kita dapat semakin memperkuat sinergitas kita, integritas dan juga kinerja dalam menjalankan tugas kita, serta membangun budaya anti korupsi di lingkungan pemerintah daerah. Mari kita bersama-sama berkontribusi dalam menciptakan pemerintah yang bersih demi kesejahteraan rakyat," harapnya.

Kegiatan penyuluhan hukum tersebut diisi oleh Kabid. Penerangan dan Penyuluhan Hukum Kejaksaan RI, Martha Parulina Berliana, dari Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung RI, sebagai narasumber.(PIM)

0 Komentar