BPKS Jadi Bulan-Bulanan Gubernur

Sabang.AGN - Miris melihat ke-egoan Pejabat Pejabat yang menduduki jabatan Gubenur Aceh selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang. Dimana, mereka dengan "seenak hatinya" menganti struktur manajemen Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhaan Bebas Sabang tanpa melakukan koordinasi dengan Anggota Dewan Kawasan lainya.

Jika melihat sejarah berdirinya BPKS Tahun 2001 sampai dengan saat ini, setidaknya sudah 10 orang kepala BPKS dan hanya satu kepemimpinan manajemen saja menyelesaikan tugas selama 1 priode lima tahun yakni era manajemen BPKS Fauzi  Husen dan kawan-kawan. Sedangkan sisanya hanya bertahan sesuai keinginan hati Gubernur.

Kini diduga karena ke-egoan Pj. Gubernur Aceh Bustami Hamzah kembali "mengobok-obok" tampuk pimpinan BPKS secara brutal dengan tidak mengindahkan ketentuan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Penganti Undang Undang Nomor 2 Tahun 2000 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang.

Dimana dalam salah satu pasal disebutkan bahwa Kepala, Wakil Kepala, dan Anggota Badan diangkat dan diberhentikan oleh Dewan Kawasan Sabang setelah mendengar pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Propinsi.

Hal itu, diketahui setelah Sekretaris Dewan Kawasan Sabang yakni Makmur dan salah Seorang Anggota Dewan Pengawas BPKS yakni Munzami datang secara tiba-tiba ke Sabang pada hari Senin 22 April 2024.

Kedatangan mereka tidak lain untuk memberikan surat pemberhentian kepada Wakil Kepala BPKS T Zanuarsyah secara langsung dengan dalih telah memasuki masa pensiun.

Sementara itu, Wakil kepala BPKS T. Zanuarsyah membenarkan adanya surat pemberhentian dirinya sebagai Wakil Kepala BPKS. Namun, dirinya enggan berkomentar banyak.

" Benar, tapi nantilah kita bicara," singkat Wakil Kepala BPKS, T. Zanuarsyah kepada media ini, Selasa 23 April 2024.

Sebagaimana isue yang berkembang, Pj. Gubenur Aceh pada awal Mei akan melantik Iskandar Zulkarnain sebagai Kepala BPKS menggantikan Marthunis. Sedangkan Munzami yang selama ini sebagai Anggota Dewan Pengawas BPKS akan mengantikan Teuku Zanuarsyah sebagai Wakil Kepala BPKS.

Hingga berita ini diturunkan, belum mendapatkan konfirmasi dari pihak Sekretariat Dewan Kawasan Sabang. Baik itu dari Pj. Gubenur Aceh selaku Ketua Dewan Kawasan Sabang maupun Sekretaris Dewan Kawasan Sabang.(REDAKSI)

0 Komentar