Sabang Marine Festival 2024 Meriah

 

Foto | Antusias warga Sabang bersama wisatawan ikut menyaksikan lomba perahu hias di teluk Sabang (01/03).

EVENT Sabang Marine Festival (SMF) 2024 yang dilaksanakan selama 3 hari pada jumat pekan lalu berlangsung sukses, lancar dan sangat meriah.

Berbagai atraksi yang ditampilkan dalam event tahunan tersebut berhasil menghipnotis ribuan pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan dari berbagai manca negara.

Dimulai pada hari pertama acara pembukaan yang dipusatkan di Tugu Merah Putih, para wisatawan sudah dimanjakan dengan pagelaran seni tarian kolosal serta penampilan dari artis lokal yang menyanyikan berbagai lagu khas Aceh.

Dimana dari aksi pertunjukan itu menceritakan tentang kehidupan para nelayan berjuang mempertaruhkan nyawa dalam ganasnya ombak laut.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menyampaikan kata sambutan pada pembukaan event Sabang Marine Festival 2024
Dan tak kalah serunya juga ada atraksi paralayang serta puluhan kapal hias milik nelayan yang melakukan parade mengitari teluk Sabang sambil membawa hasil laut. 

Termasuk untuk pertama kalinya SMF 2024, ada atraksi flyboard dari water city park yang menampilkan atraksi terbang di atas air menggunakan mesin tenaga air yang dilakukan seorang atlit terlatih dan profesional.

Selanjutnya, pada malam harinya berbagai pagelaran seni turut ditampilkan mulai dari tarian hingga penampilan music culture dan pagelaran seni dari para anak Sabang.

"Saya pikir, SMF 2024  menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan destinasi wisata Kota Sabang. 

Dan ini juga salah satu cara melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta menjadi wadah kreatifitas bagi pelaku seni untuk menyalurkan bakatnya," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Foto | Ribuan masyarakat Sabang bersama wisatawan menghadiri pembukaan event Sabang Marine Festival 2024 di Tugu Merah Putih
Tentunya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang adalah dengan penyelenggaraan berbagai event. 

Salah satunya adalah SMF 2024 ini telah memberikan dampak positif bagi masyarakat Sabang, baik itu pelaku UMKM, seniman, pelaku industri pariwisata dan pihak-pihak lainnya.

Termasuk juga pelaksanaan event balap sepeda Tour de Sabang turut menjadi rangkaian dalam SMF 2024. Tercatat ada 121 pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia melintasi venue SMF 2024 yang merupakan bagian dari 31,9 KM jalur balap sepeda bergengsi.

Masih dengan semangat kolaborasi, Sabang Marine Festival 2024 juga melakukan joint event dengan Indonesia Yacht Rally, yang dihadiri oleh komunitas yachter dari berbagai negara dan melintasi Teluk Sabang saat penyelenggaraan festival.

Foto | Kolaborasi Sabang Marine Festival dan Tour de Sabang merupakan salah satu bagian dari upaya persiapan menuju PON 2024
"Kolaborasi SMF dan Tour de Sabang juga merupakan salah satu bagian dari upaya kita dalam persiapan menuju PON 2024,” ujar Reza Fahlevi sekaligus menegaskan kesiapan menyambut pesta olahraga 4 tahunan, PON XXI Aceh - Sumut 2024, September nanti bahwa Sabang sudah siap menjadi tuan rumah untuk 4 cabang olahraga yang akan dipertandingkan.

Menurutnya, perhelatan akbar Sabang Marine Festival 2024 merupakan event bahari terbesar di Aceh yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Kemenparekraf RI.

Sehingga sangat diharapkan selain  menjadi ajang promosi pariwisata daerah, juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi melepas peserta Tour de Sabang di depan tugu Sabang Merauke
"Dengan suksesnya event ini kita harapkan berdampak positif secara ekonomi, karena banyak masyarakat dan para pelaku UMKM yang terlibat.

Selain membawa dampak pada peningkatan ekonomi, juga menjadi salah satu cara melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, serta menjadi wadah kreatifitas pelaku seni untuk mengekspresikan diri dan menyalurkan semua bakatnya.

Jadi yang terpenting dari ini adalah dengan terlaksananya event tersebut juga menjadi salah satu media mempromosikan Kota Sabang ke kancah nasional maupun internasional," harapnya.

Lebih lanjut dikatakan, sukses dan meriahnya kegiatan ini digelar merupakan kolaborasi bersama antar lembaga Badan Pengusahaan  Perdagangan Bebas dan Kawasan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS), Pemerintah Kota Sabang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Aceh, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Foto | Keikutsertaan para nelayan dengan memperlihatkan hasil tangkapan turut memeriahkan pembukaan Sabang Marine Festival 2024
Dan perlu diketahui pada penyelenggaraan tahun 2023 lalu, Sabang Marine Festival berhasil mencatat peningkatan transaksi ekonomi pada industri kuliner, transportasi dan akomodasi serta produk dan jasa kreatif lainnya.

“Jadi, berdasarkan evaluasi event Sabang Marine Festival 2023  lalu, Alhamdulillah untuk event SMF 2024 ini terjadi peningkatan transaksi yang sangat luar biasa di Sabang. 

Sebab pada ajang Sabang Marine Festival 2024 ini kita menargetkan pengunjung dari kabupaten/kota lain di dalam dan luar Aceh, serta negara-negara tetangga, saya yakin target kita untuk menarik 20 ribu kunjungan wisatawan selama tiga hari pelaksanaan Sabang Marine Festival Insya Allah tercapai, Aamiin.." tutupnya.(ADV)

0 Komentar