Program Prioritas BPKS Tahun 2024 Fokus pada Pengembangan Pelabuhan Balohan - Aceh Global News

Header Ads

Program Prioritas BPKS Tahun 2024 Fokus pada Pengembangan Pelabuhan Balohan

Foto | Pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang

BADAN Pengusahaan  Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) merupakan satu-satunya lembaga besar yang lahir dengan Undang-undang nomor 37 tahun 2000. Lembaga yang didanai oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk tahun 2024 memfokuskan programnya pada  kawasan pelabuhan penyeberangan Balohan.

Pelabuhan tersebut  merupakan pintu gerbang sekaligus ikon bagi wajah Sabang sendiri maka, BPKS akan mengoptimalkan  dengan baik. Gedung-gedung yang telah dibangun mulai sekarang akan dimanfaatkan, agar terlihat indah, rapi dan  nyaman.

Sebelumnya Pelabuhan Balohan sempat dikelola oleh pihak Dinas Perhubungan Provinsi Aceh, akan tetapi kini sudah diserahkan kembali pengelolaannya kepada BPKS, dengan harapan pemasukan pendapatan bagi BPKS dapat meningkat.

Foto | Dermaga kapal Pelabuhan Balohan Sabang

Plt Kepala BPKS Marthunis , ST, DEA mengatakan BPKS akan segera memberlakukan sistem E Portal atau  sistem pembayaran elektronik atau kartu E-Money pada jalur ke luar-masuk dan layanan parkir pada Pelabuhan Penyeberangan Balohan.

Disebutkan, sebagai implementasi retribusi jasa pelayanan dan parkir berdasarkan Perka Kepala BPKS Nomor 71 Tahun 2022, Tentang Penetapan Tarif Jasa Layanan Dan Tarif Pemanfaatan Barang Milik Negara pada Pelabuhan Penyeberangan Balohan. 

Sehingga, nantinya  pendapatan melalui layanan umum itu bisa mendongkrak pemasukan bagi lembaga yang sudah menjadi badan layanan umum.

Foto | Rapat Plt Kepala BPKS Marthunis bersama manajemen terkait percepatan pembangunan pelabuhan Balohan Sabang

"Pemberlakukan sistem E-Portal itu akan kita mulai atau diberlakukan efektif pada 1 Maret 2024. Sedangkan sejak tanggal 1 s/d 29 Februari 2024 merupakan masa sosialisasi dan uji coba," kata Marthunis.

Menurutnya, sistem tersebut dibuat bertujuan untuk meningkatkan sistem pelayanan yang lebih baik prima dan professional.

Terlebih hal tersebut juga merupakan salah satu sumber PNBP bagi negara yang dapat dikelola oleh BPKS.

Lebih lanjut dikatakan, pembenahan dan perbaikan sistem layanan publik juga terus dilaksanakan agar ke depannya BPKS terus mendapat masukan yang baik.

Selain pengoperasian portal, BPKS juga akan fungsikan gangway jalur keberangkatan dan penjemputan secara maksimal.

Foto | Gotong-royong pembersihan kawasan pelabuhan Balohan Sabang

"Nah, dengan demikian kita harapkan nanti para penumpang tidak lagi berbaur dengan kendaraan saat masuk dan keluar pintu kapal, tentu ini akan lebih tertib, aman dan nyaman,” jelas Marthunis.

Saat ini tambah Marthunis, sistem pengelolaan layanan dan pengembangan alur bisnis di Pelabuhan Penyeberangan Balohan dan komersialisasi aset serta peningkatan BLU BPKS menjadi program kerja prioritas BPKS pada tahun 2024-2025.

"Mohon dukungan masyarakat dan semua pihak untuk pemberlakuan sistem pengelolaan layanan dan pengembangan alur bisnis di Pelabuhan Penyeberangan Balohan dan komersialisasi aset milik BPKS, kiranya akan menambah masukan bagi BPKS sekaligus keuntungan bagi masyarakat Sabang," ujarnya.

BPKS Dukung Pelaksanaan HPN Tahun 2024

Dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024, Badan  Pengusahaan  Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) mendukung pelaksanaan HPN yang akan digelar di Ancol Jakarta. 

Menurut Kepala BPKS Marthunis, ST, DEA sebagai lembaga pemerintah yang dipimpinnya ini sangat mendukung pelaksanaan HPN yang akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Februari 2024 mendatang.

Foto | Pj Kepala BPKS Marthunis bersama pengurus PWI Kota Sabang  saat pemaparan program kerja 2024 dan dukungan terhadap HPN 2024

Ia berharap Pers Indonesia ke depan semakin profesional dan terpercaya publik serta dapat menyajikan berita-berita yang menyejukkan dan membantu negeri dengan mengedepankan kesejahteraan rakyat.

Pers merupakan profesi terdepan dalam menyebarkan informasi bagi masyarakat, oleh karenanya tanpa ada kontrol media tidak ada suatu yang dilakukan dapat dirasakan oleh masyarakat.

"Pers itu merupakan profesi pekerja yang sangat mulia jika saja tanpa pers maka apa yang terjadi dimuka bumi ini ibarat hampa, karena apapun yang dilakukan baik pemerintah masyarakat tidak akan tahu dan merasakan arti dari pembangunan.

Saya atas nama keluarga besar BPKS ucapkan selamat pelaksanaan Hari Pers Nasional Tahun 2024, Pers tetap jaya, maju dan semakin profesional," demikian ujar mantan Pj Bupati Aceh Singkil ini.(ADV)

Tidak ada komentar