Reza Fahlevi Optimis Tahun 2024 Kunjungan Wisatawan Sabang Meningkat - Aceh Global News

Header Ads

Reza Fahlevi Optimis Tahun 2024 Kunjungan Wisatawan Sabang Meningkat

Foto | Kedatangan kapal pesiar berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan.

PEJABAT Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengaku optimis tahun 2024 sektor pariwisata Kota Sabang akan terus mengalami kemajuan dan peningkatan jumlah kunjungan para wisatawan.

Hal tersebut diyakini dengan tumbuhnya kesadaran para pelaku wisata untuk terus berbenah dan meningkatkan pelayanan kepada para pengunjung.

Termasuk juga dukungan dari berbagai sektor terutama adanya semangat  kolaborasi bersama seluruh Forkopimda Kota Sabang yang ikut berperan penting  menjadikan Kota Sabang aman dikunjungi .

"Saya sangat yakin dan optimis tahun 2024, Insya Allah dengan banyak event yang kita adakan kunjungan wisatawan ke Sabang pasti akan meningkat.

Foto | Kolaborasi Pemko Sabang dengan Forkopimda dan BPKS menciptakan rasa aman dan nyaman kepada para wisatawan sekaligus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sabang.

Komitmen kita sektor pariwisata tetap menjadi fokus utama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Menurutnya, sektor pariwisata menjadi andalan utama ketika dirinya  diangkat sebagai penjabat sementara Wali Kota Sabang. 

Kaitan yang menjadikan alasan kuatnya karena kebetulan Ia menjabat sebagai Direktur Event Daerah di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berangkat dari itulah Reza Fahlevi menasbihkan diri akan memajukan pariwisata Sabang dengan terus membenahi potensi wisata dan siap mempromosikan Sabang melalui beragam event. 

"Menurut saya Sabang sangat butuh sekali event, dengan adanya festival atau event semua pelaku pariwisata pasti akan merasakan dampak positif pada peningkatan perekonomian mereka," ujarnya.

Foto | Potensi pariwisata Sabang siap dipromosikan melalui beragam event.
Disebutkan, pada tahun 2023 lalu, tercatat setidaknya terdapat 13 event besar yang berhasil diselenggarakan. 

Event tersebut diantaranya, Sabang Marine Festival, Peukateun Seni, Festival Kuah Beulangong, Festival Musik Kreatif, Pemilihan Putra Putri Pariwisata Kota Sabang Tahun 2023, Muharram Festival, Anoi Itam Village Festival, Sabang Open Diving Festival 2023, Iboih Festival, Jaboi Village Festival, Festival Gampong Ie Meulee, Ethnic Music Festival, dan Ujung Barat Festival 2023.

Dan bisa dilihat setiap ada event yang dilaksanakan Sabang selalu ramai, rental mobil  laku, akomodasi terisi penuh, UMKM dan para pedagang jajanan ringan jualannya laris, para pelaku seni juga dapat panggung untuk tampil.

Pastinya, sangat berdampak sekali kepada masyarakat Kota Sabang terutama terhadap para pelaku wisata.

Kecuali itu juga kolaborasi yang  dilakukan Pemerintah Kota Sabang bersama BPKS terjalin dengan baik, sehingga berhasil meningkatkan jumlah kunjungan kapal pesiar ke Kota Sabang. 

Foto | Pameran UMKM berhasil mengkatkan ekonomi masyarakat Sabang.
Pada tahun 2023, setidaknya ada 8 kapal persiar yang bersandar di dermaga BPKS yakni Kapal Pesiar MS. Coral Geografher, MS. Amera, MS. Insignia, MS. Nautica, MS. Crystal Simpony, MS. Azamara Journey, MS. Vasco Da Gama, dan MS. Seabourn Encore.

"Tentunya dengan kunjungan kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara ini, meningkatkan pendapatan serta perputaran ekonomi masyarakat melalui Sektor Pariwisata dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kita harapkan bersama, tahun ini lebih banyak lagi kapal pesiar yang singgah di Kota Sabang," harapnya. 

Lebih lanjut disebutkan, Sabang kini jadi salah satu kota wisata incaran wisatawan, kunjungan wisatawan pasti akan terus meningkat. Seperti akhir tahun ini, tercatat per Desember 2023, kunjungan wisatawan meningkat drastis, total keseluruhan yang tiba di Sabang saja mencapai 39.838 l penumpang.

Dengan begitu, kinerja sektor pariwisata Sabang untuk tahun 2024 ini akan terus ditingkatkan. 

Khusus di Gampong Iboih yang merupakan destinasi utama pariwisata Sabang telah dibangun dua unit lavatory lengkap dengan ruang ganti dan locker.

Selain itu, Pemerintah Kota Sabang juga sudah melakukan pengaspalan pada jalan tanah merah. Pulau rubiah yang bertahun tahun tidak ada air bersih, saat ini telah tersedia dan akan segera dikoneksikan dengan sumber air yang ada di Teupin Layeu.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi oprimis dengan banyaknya event di Sabang kunjungan wisatawan ke Sabang akan meningkat
"Alhamdulillah, pembangunan jalan tanah merah yang bersumber dari dana APBK Kota Sabang, tahun 2023 sampai saat ini telah dimanfaatkan oleh warga Iboih maupun pelaku wisata yang berkunjung ke daerah Iboih. 

Sementara untuk lavatori dan air bersih di Pulau Rubiah akan segera di fungsikan pada awal tahun 2024 ini," jelasnya.

Selain itu, adanya masukan untuk dibuat loker penyimpanan barang sebelum wisatawan menyeberang ke Pulau Rubiah menjadi catatan penting ke depannya. 

Karena masukan tersebut sangat positif sebagai bentuk meningkatkan atau memberikan pelayanan untuk para wisatawan.

Sementara terkait masukan pengembangan Sumber Daya Manusia akan menjadi catatan  Pemerintah Kota Sabang dan ini akan diinventarisasi jenis pelatihan apa yang pantas untuk peningkatan SDM tersebut. 

“Sebab, diperlukan keahlian dari masing-masing bidang seperti open water, rescue, guide dan bidang lainnya.

Termasuk juga dalam meningkatkan mutu dan kreatifitas ekonomi kreatif perlu diadakan pelatihan souvenir, kuliner, pengelolaan hotel dan lain sebagainya, semua masukan ini nanti akan kita tindak lanjuti, mudah-mudahan saja patawisata Sabang akan lebih baik lagi,” tutupnya.(ADV)

Tidak ada komentar