Reza Fahlevi Tegaskan 4 Hal Penting Pada Deklarasikan Ikrar Pemilu Damai

Foto | Penandatanganan deklarasi ikrar pemilu damai tahun 2024 oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi

Sabang.AGN – Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi tandatangani sekaligus mendeklarasikan ikrar Pemilihan Umum (Pemilu) damai.

Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang, saat dan sesudah pesta demokrasi tahun 2024 mendatang.

Deklarasi yang dilaksanakan di Tugu Kembar Sabang-Merauke tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda Kota Sabang, Ketua KIP dan Ketua Bawaslu serta Ketua Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu.

"Kita ketahui bahwa, 14 februari 2024 mendatang, pesta demokrasi akan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kita wajib memastikan seluruh rangkaian pemilu dapat berjalan dengan sukses, aman, damai, demokratis dan kondusif," kata Pj Wali Kota Sabang, Jum'at (1/12/2023).

Lebih lanjut dikatakan, momentun deklarasi itu merupakan bentuk komitmen bersama, Pemerintah Kota Sabang, Forkopimda, seluruh partai politik dan elemen masyarakat Kota Sabang, untuk menyukseskan, menjaga kedamaian serta meminimalisir pelanggaran dalam pelaksanaan pemilu 2024.

"Perlu diingat, perbedaan pilihan jangan menjadi pemutus hubungan silaturahmi sesama kita. Semoga Sabang, hari ini dan seterusnya selalu dalam keadaan aman, damai, saling menghormati, dan saling mengenal satu sama lain, walaupun kita berbeda-beda dalam pilihan," ujarnya.

Disebutkan terdapat empat ikrar dalam deklarasi pemilu damai, yakni pertama, menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Kedua, menyukseskan pemilihan umum 2024 yang bermartabat, berintegritas, jujur, adil, aman, damai dan demokratis untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Kemudian ke tiga, menciptakan suasana dan kondisi yang kondusif di Kota Sabang. Selanjutnya ke empat, menolak segala bentuk penyebaran hoax, ujaran kebencian, politik uang, politisasi agama dan etnis.

Pj Wali Kota Sabang juga menekankan, agar semua pihak selalu mengantisipasi segala kemungkinan munculnya informasi hoax dan informasi-informasi yang beredar tanpa dapat dikendalikan.

"Hoax itu sangat mudah memengaruhi masyarakat, jangan sampai hal ini menimbulkan dampak negatif di Kota Sabang. Jadi mari sama-sama kita jaga masyarakat, dan saring informasi-informasi dengan baik. Jangan sampai memecah belah masyarakat, dengan informasi-informasi yang sengaja disebarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab," tegasnya.

Pj Wali Kota Sabang berharap, seluruh parpol peserta pemilu dapat menepati ikrar pemilu damai dan betul-betul memanfaatkan masa kampanye seperti yang telah ditetapkan KIP Kota Sabang sebagai sarana pendidikan demokrasi tanpa menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat.(Redaksi)

0 Komentar