Tarik Minat Pengunjung, Dekranasda Kota Sabang Tampilkan Karya Seni dan Kuliner

Foto | Bagian dalam stan Kota Sabang

Banda Aceh.AGN - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sabang ambil kesempatan kenalkan karya putra daerah pada Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Taman Sulthanah Shafiatuddin Banda Aceh, Senin (6/11/2023).

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, produk wastra yang ditampilkan Dekranasda Kota Sabang berupa kain motif Bungong U (Kelapa) dan motif Ombak, serta kerajinan kayu kelapa yang sudah memiliki hak cipta pada tahun 2019 lalu dari Kementerian Hukum dan HAM.

Pada stan kuliner, terdapat atraksi yang ditampilkan oleh ibu-ibu PKK kota Sabang, ibu PKK Jaboi, dan Dispar Kota Sabang. Selain itu, para seniman Sabang ikut terlibat menampilkan atraksi seni berupa seni tradisi oleh sanggar-sanggar seni kota Sabang yang dikomandoi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

"Tentunya, banyak perlombaan yang kita ikuti, hampir semua, kecuali lomba Warisan Budaya Tak Benda dan Catok Rimeung. Selebihnya, mulai dari perlombaan anjungan, perahu hias, pawai budaya, lomba busana tradisi, permainan rakyat (enggrang, engklek, gelayang tunang), dayung, stan kuliner, stan rempah, tarian kreasi, seumapah, musik tradisi, musik tradisi garapan, semua kita ikuti," ujarnya.

Foto | Pj Ketua TP PKK Kota Sabang Kamelia Nasri

"Semua pihak mengambil andil dalam PKA ini, dukungan penuh juga diberikan oleh seluruh kepala OPD, seluruh seniman di Kota Sabang, para pengrajin, tidak lupa dukungan masyarakat kita," tuturnya.

Kemudian, duta wisata juga ikut memeriahkan acara pada pawai tersebut. Barisan semakin apik dengan suguhan pertunjukan silat dari Persatuan Silat Kota Sabang, tarian Tarek Pukat dari sanggar Kana Art Sabang, serta beragam atraksi lainnya.

Reza Fahlevi berharap nama Kota Sabang bisa keluar menjadi juara umum, minimal memperoleh yang terbaik dan anjungan Kota banyak pengunjung.

"Di sisi lain, Kita juga berharap tampilan-tampilan yang sudah kita buat dan kita desain ini, menjadi sarana mempromosikan Sabang sekaligus menambah wawasan pengunjung," harapnya.

Foto | Kerajinan tangan dari Kelapa oleh Dekranasda Kota Sabang (agn)

Dengan demikian, lanjutnya, para pengunjung bisa belajar tentang sejarah, rempah dan jalur rempah lainnya, serta mengenal Sabang dengan lebih baik. Sehingga diharapkan dapat menarik minat pengunjung untuk berkunjung langsung ke sabang.

"Jadi kami mengajak semua masyarakat, mari kunjungi anjungan Sabang, Insyaallah teman-teman akan merasakan pengalaman berada di Kota Sabang dengan hadir di sini," ajak Pj Wali Kota Sabang.(Redaksi)

0 Komentar