Kejari Sabang Geledah Kantor BPKD Kota Sabang

Foto | Tim penyidik Kejari Sabang membawa dokumen sitaan dari Kantor BPKD, ruang kerja Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Sabang

Sabang.AGN – Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sabang menggeledah Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan ruang kerja Kabag Perekonomian dan Sda Setda Kota Sabang, Senin (20/11/2023).

Pengeledahan tersebut dipimpin langsung oleh Kajari Sabang Milono Raharjo SH., MH., yang mana pada saat penggeledahan tersebut ditemukan dokumen-dokumen yang dibutuhkan penyidik untuk memperkuat bukti dugaan tindak pidana korupsi pada pengelolaan anggaran penyertaan modal Pemko Sabang kepada perusahaan daerah PT Perusahaan Sabang Mandiri (PSM) tahun anggaran 2022.

“ Bahwa tim penyidik telah memeriksa sekitar 20 orang saksi dan hari ini melakukan penggeledahan dikantor BPKD dan Ruang Kerja Kabag Perekonomian dan Sda Setda Kota Sabang terkait pembiayaan penyertaan modal Pemko Sabang kepada PT. Pembangunan Sabang Mandiri (PSM) tahun 2022,” kata Kajari Sabang.

Foto | Kajari Sabang Milono Raharjo SH., MH saat diwawancarai awak media diruang kerjanya

Dijelaskan, sejak bulan Agustus 2023 lalu tim penyidik telah melakukan penyidikan perkara terkait dana penyertaan modal Pemerintah Kota Sabang kepada BUMD Kota Sabang yakni PT. PSM yang diusulkan perubahan bentuk hukumnya oleh Pemko Sabang pada tahun 2020 dalam keadaan bersalah.

Untuk Proses selanjutnya tim akan berkoodrinasi dengan auditor untuk menentukan besaran kerugian negara dalam perkara ini, serta terus berupaya untuk menyelesaikan sesegera mungkin menetapkan siapa yang akan bertanggung pada perkara ini.

Pada kesempatan yang sama Kasi Intel Kejari Sabang Filman Ramadhan, SH., MH., mengatakan, penggeledahan ini dlakukan untuk mencari dan mendapatkan dukumen-dokumen tambahan yang dibutuhkan oleh tim penyidik untuk memperkuat pembuktian dan menetapkan calon tersangka.

Penggeledahan berlangsung selama kurang lebih empat jam, dan penyidik berhasil membawa dokumen-dokumen yang diperoleh dari penggeledahan tersebut ke Kantor Kejaksaan Negeri Sabang untuk diteliti lebih lanjut, tutupnya.(Redaksi)

0 Komentar