SMF 2023 Berdampak Positif Terhadap Pariwisata Sabang

 

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi resmi membuka Sabang Marine Festival 2023 ditandai dengan penabuhan rapai serentak bersama Anggota DPR RI Komisi X Illiza Sa'aduddin Jamal dan tamu undangan lainnya, di Tugu Menara Merah Putih

SUKSESNYA pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023 yang berlansung beberapa pekan lalu memberikan dampak positif terhadap pariwisata Kota Sabang.

Dimana event tersebut berhasil mengangkat daya tarik berbagai budaya dan potensi bahari yang tersebar di kota nol kilometer paling ujung pulau sumatera ini.

Bahkan, tak tanggung-tanggung gaung pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023 kali ini menjadi event bahari terbesar di Aceh yang ramai diikuti peserta dari berbagai daerah dan manca negara.

Bertema "Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia" event tersebut sukses menarik perhatian banyak wisatawan baik lokal maupun wisatawan mancanegara.

Foto | Sebanyak 32 atlet renang terdiri dari 26 atlet putra dan 6 atlet putri mengikuti Open Water Swimming di acara Sabang Marine Festival 2023

Sungguh menampilkan persiapan yang sangat luar biasa pada saat  pembukaan Sabang Marine Festival diawali dengan  rangkaian pawai budaya dan pawai marine dirangkai dengan Tarian Kolosal Tuah Bak Jaroe Panglima yang menjadi ikon pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023.

Menariknya, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi sempat menggambarkan sejarah Kota Sabang mulai dari masa Yunani, penjajahan hingga saat ini, katanya daya tarik luar biasa Kota Sabang berasal dari kekayaan bahari.

Atas dasar itulah masyarakat Sabang melalui inisiasi dari BPKS menyelenggarakan kegiatan yang ke 5 kalinya dapat terlaksana kembali pasca terjadinya pandemi Covid-19. "Alhamdulillah pada tahun ini Sabang Marine Festival dapat telaksana kembali dan kali ini  masuk ke dalam agenda Kharisma Event Nusantara," katanya. 

Dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, suksesnya Sabang Marine Festival 2023 juga diperkuat dengan konsep ragam budaya Kota Sabang. 

Foto | M.Gio Wahyudi juara 1 Open Water Swimming di acara Sabang Marine Festival 2023

Agenda pelaksanaan pada tahun ke lima ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana event palaksanaan tahun ini  berlangsung selama tiga hari, dipusatkan di Tugu Menara Merah Putih dan Pelabuhan Teluk Sabang.

Puncak acara berlangsung sangat meriah, disaksikan ribuan wisatawan baik lokal maupun wisatawan manca negara dengan menampilkan berbagai atraksi budaya yang dipersiapkan sangat matang dan terencana.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menyampaikan turut berterima rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan Sabang Marine Festival 2023 ini.

Terutama sekali dukungan besar diberikan kepada Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang menjadikan Sabang Marine Festival ini masuk ke dalam Kharisma Event Nusanatara (KEN) 2023.

Foto | Tarian Kolosal Tuah Bak Jaroe Panglima yang menjadi ikon pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023

Menurutnya, Sabang Marine Festival hadir untuk mempromosikan destinasi wisata bahari, budaya Sabang dan Aceh secara umum bagi komunitas yachties, guna meningkatkan jumlah kunjungan turis mancanegara.

"Selama ini event di Sabang belum pernah masuk dalam Kharisma Event Nusantara, dan ini sangat membanggakan, karena mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia untuk bisa masuk dalam Kharisma Event Nusantara.

Sejak November 2022 lalu kita telah mengajukan usulan Sabang Marine Festival untuk dapat dinilai dan alhamdulilah akhirnya bisa masuk dalam KEN 2023,” terangnya.

Pemerintah kota melalui Dinas Pariwisata Kota Sabang jauh sebelumnya juga sudah mempersiapkan dengan matang agar Sabang Marine Festival terlaksana dengan baik dan sukses.  

Sehingga pelaksanaan Sabang Marine Festival bisa menjadi event kolaborasi yang luar biasa dengan adanya dukungan dari pihak lainnya seperti dari unsur TNI/Polri, Imigrasi, Karantina Kesehatan, Bea Cukai, Syahbandar, Distrik Navigasi, pihak swasta dan juga masyarakat Sabang yang sudah turut menyukseskan event bertaraf internasional ini.

Sepeti diketahui sebelumnya,  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno telah menyampaikan bahwa dalam KEN 2023, terdapat 110 event unggulan yang telah terkurasi dari 291 event usulan daerah se-Indonesia.

Foto | Pawai budaya dan pawai marine warnai pembukaan Sabang Marine Festival 2023

Proses kurasi KEN 2023 sendiri telah dilakukan pada bulan November-Desember 2022 oleh tim kurator profesional. KEN 2023 yang terdiri dari 110 event-event unggulan dari seluruh wilayah Nusantara mulai dari Sabang sampai Merauke dapat menaikan daya tarik wisata dan juga ekonomi kreatif yang luar biasa bagi perkembangan pariwisata di Indonesia.

"Jadi, sebab itulah dengan sukses terlaksananya Sabang Marine Festival 2023 ini diharapkan dapat mengundang wisatawan domestik maupun mancanegara lebih banyak lagi berkunjung ke Sabang," ungkapnya.

Sementara itu, ungkapan senada juga diungkapkan Anggota Komisi X DPR RI Illiza Sa'aduddin Jamal mengharapkan agar Kemenparekraf terus berkomitmen untuk memajukan pariwisata Sabang. 

“Harapan kita ke depan dari Kemenparekraf itu komitmen untuk memajukan Sabang. Dimana Sabang ini destinasi kepulauan yang harus benar-benar didukung dengan keindahan alam, kekayaan baharinya yang luar biasa,” ujarnya.

Menurut Illiza, jika tahun ini penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2023 merupakan kolaborasi antara Pemkot Sabang dan BPKS maka ke depan diharapkan dukungan Kemenparekraf yang lebih besar untuk mempromosikan Sabang.

Karena memang dengan banyaknya event, akan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia dan arus kunjungan wisatawan ke Sabang pastinya akan terus meningkat, tutupnya.(adv)

0 Komentar