Baksos Hingga Aneka Lomba Ramaikan HUT Kota Sabang Ke-58

 

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi launching rangkaian kegiatan HUT Kota Sabang ke-58.

MENYAMBUT Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Sabang ke-58, Pemerintah Kota Sabang telah melaksanakan dan akan mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial serta aneka perlombaan lainnya.

Untuk pelaksanaan kegiatan tersebut rencananya akan digelar di sejumlah lokasi temasuk puncak pelaksanaan lomba yang akan dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Sabang.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan  Baksos dan aneka lomba ditandai dengan peresmian launching kegiatan oleh Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Tugu Kembar, tepat di depan Kantor Wali Kota Sabang, yang dirangkai dengan kegiatan Car Free Day (CFD) pada pekan lalu.

"Kota Sabang kini genap berusia 58 tahun, yang mana pada HUT Kota Sabang kali ini akan dimeriahkan dengan semarak ragam kegiatan yang luar biasa. 

Kita sudah melaunching seluruh rangkaian kegiatan HUT Kota Sabang yang jatuh pada tanggal 24 Juni 2023 nanti. Ini juga kita laksanakan sebagai kilas balik perjalanan kota kita ini yang sudah memasuki usia yang ke-58," sebut Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Banyak kegiatan yang akan mewarnai rangkaian dari pelaksanaan HUT Kota Sabang diantaranya, Sabang Chest Tournament dan Drill Penanganan Bencana Alam yang sudah dilaksanakan. 

Termasuk juga kegiatan bakti sosial berupa giat gotong royong massal dan penanaman pohon.

Senam dan gerak jalan bersama warnai rangkaian dari peringatan HUT Kota Sabang ke-58.

Selanjutnya akan disusul kegiatan lainnya berupa pertandingan bola volly, E-Sport, serta lomba balita sehat dalam penanganan stunting.

Selain itu juga, ada kegiatan lainnya seperti lomba asah terampil (cerdas cermat) dan bazar di 18 gampong yang ada di Kota Sabang.

Diikuti dengan kegiatan lainnya seperti festival engkot paya, zikir akbar, penobatan Duta Wisata Sabang, festival musik kreatif, geulayang tunang, jalan santai yang nantinya dirangkai dengan HUT Bhayangkari, serta lomba masak Forkopimda.

Namun yang tak kalah menarik dari semua kegiatan aneka lomba tersebut adalah festival kuah beulangong yang akan menjadi pesta rakyat Sabang untuk makan bersama.

"Ini kita rencanakan sejak awal dengan mensinergikan program-program yang sudah ada di setiap OPD kita satukan dan kita laksanakan pada waktu yang relatif berdekatan dengan HUT Kota Sabang. 

Kegiatan ini milik kita semua masyarakat Kota Sabang, tentu kita harapkan masyarakat harus lebih banyak untuk ikut berpartisipasi meramaikan semua kegiatan," ujarnya.

Menurut Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, sejauh ini banyak hal yang sudah dilalui dalam perjalanan Kota Sabang, baik kemajuan, tantangan dan beberapa hal yang harus diperbaiki termasuk juga pekerjaan rumah yang harus diselesaikan. 

Prinsipnya, peringatan HUT Kota Sabang ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat agar lebih mencintai kotanya, sesuai dengan tema HUT Kota Sabang yaitu,  "Semangat Kolaborasi Membangun Negeri". Artinya bersama membangun kolaborasi dalam mewujudkan Sabang yang lebih baik ke depan.

Tentu yang paling penting adalah membangun kepedulian masyarakat terhadap kotanya, karena Sabang sangat indah dan harus terus dijaga dan bangun bersama. 

Agar semua dapat tercapai maka, semua masyarakat Sabang  harus mempunyai rasa memiliki dan mencintai daerah, karena dengan begitu akan ada semangat membangun, mulai dari hal kecil saja, misalnya menjaga kebersihan dan melestarikan lingkungan.

Lebih lanjut dikatakan, pada puncak peringatan HUT Kota Sabang ke-58  yang jatuh pada 24 Juni 2023, akan dilaksanakan Rapat Paripurna di gedung DPRK Sabang.

Dimana, selesai pelaksanaan sidang paripurna akan dilanjutkan dengan kegiatan Festival Masak Kuah Belangong yang rencananya akan diikuti 30 peserta terdiri dari masing-masing perwakilan gampong atau desa pada tiga kecamatan yang ada di Kota Sabang.

Termasuk juga para pesertanya ada dari sejumlah instansi pemerintahan yang dimotori langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Sabang.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi pimpin rapat persiapan HUT Kota Sabang ke-58 di aula lantai IV, Kantor Wali Kota Sabang

Dan untuk kegiatan Festival Masak Kuah Belangong akan dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Sabang tepatnya disepanjang jalan Diponegoro.

"Harapan saya, di hari puncak HUT Kota Sabang Ke-58 nanti masyarakat Sabang dapat hadir menyaksikan acara Festival Masak Kuah Belangong.

Acara festival ini adalah pesta rakyat, siapapun boleh datang untuk menyaksikan langsung dan menikmati hasil masakan tersebut.

Saya selaku Pj Wali Kota Sabang terpanggil untuk melaksanakan kembali Festival Masak Kuah Belangong ini, terus terang saya sangat tertarik sekali.

Karena itulah saya ingin menghidupkan kembali budaya ini, karena sebelumnya kita ketahui bersama berbagai kegiatan sempat mati suri selama 2 tahun pasca terjangkitnya wabah Covid-19 lalu.

Dan saya sangat berterimakasih sekali kepada rekan-rekan wartawan dari PWI Kota Sabang yang sudah mengingatkan dan mengusulkan kembali untuk mengadakan Festival Masak Kuah Belangong pada puncak HUT Kota Sabang Ke-58 pada hari Sabtu nanti.

Insya Allah pada kesempatan itu nanti kita dari pemerintah daerah juga akan menyantuni ratusan anak yatim.

Mudah-mudahan pelaksanaan Festival Kuah Belangong ini berjalan sukses dan menjadi berkah buat  masyarakat Sabang," tutupnya.

0 Komentar