Desa Wisata Iboih dan Aneuk Laot Masuk 75 Besar Dari 4573 Desa Peserta ADWI di Seluruh Indonesia

 

Foto | Kawasan Wisata Iboih Sabang

Sabang.AGN - Dua desa wisata di Kota Sabang yakni Desa Wisata Iboih dan Desa Wisata Aneuk Laot, berhasil masuk 75 besar dari 4573 desa wisata diseluruh Indonesia.

Dua desa tersebut masuk menjadi peserta dari ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI,Kamis (23/3/2023).

Selain dua desa wisata tersebut, ada Desa Wisata Lubuk Sukun di Kabupaten Aceh besar yang juga menjadi perwakilan desa wisata dari Provinsi Aceh setelah berhasil lolos ke 75 besar ADWI 2023.

Pengumuman 75 besar disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melalui media sosial Anugerah Desa Wisata Indonesia.

"Alhamdulillah, prestasi membanggakan ini patut diapresiasi, karena Desa Wisata Iboih dan Desa Wisata Aneuk Laot termasuk yang terbaik di antara ribuan Desa Wisata di Indonesia," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Reza Fahlevi menjelaskan, dua desa wisata Sabang tersebut memiliki keunikannya masing-masing, yakni desa wisata Iboih terkenal dengan wisata baharinya yang sudah mendunia, sedangkan desa wisata Aneuk Laot selain menawarkan keindahan danau aneuk laotnya, juga menyuguhkan wisata adat, budaya, dan wisata kuliner. 

Lebih lanjut dikatakan, sebagaimana yang diumumkan Menparekraf Sandiaga Uno, dari 7.275 desa wisata di seluruh Indonesia, telah terjaring 4.573 peserta desa wisata ADWI dari seluruh provinsi di Indonesia tahun 2023.

Rangkaian kegiatan ADWI 2023 sudah melalui beragam tahapan kurasi berdasarkan penilaian dewan juri terhadap 5 kategori penilaian, klasifikasi desa wisata, dan kelengkapan data melalui web Jadesta. Mulai dari proses kurasi menjadi 500 besar desa wisata dikerucutkan menjadi 300 desa wisata, hingga terpilih 75 desa wisata terbaik. 

"Setelah berhasil melewati tiga tahapan seleksi tersebut, Alhamdulillah dua desa wisata di Kota Sabang terpilih dan masuk 75 besar ADWI 2023," terangnya.

Pada pengumuman telah disampaikan bahwa, rangkaian ADWI 2023 selanjutnya, Menpanekraf RI Sandiaga Uno bersama para dewan juri, akan meninjau dan menilai secara langsung ke 75 desa wisata terbaik ADWI 2023.

"Kita tidak boleh berbangga diri dulu, karena tahapan ini masih berlanjut. Maka pencapaian ini harus kita jadikan motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia. Jadi ketika pengumuman akhir nanti Sabang bisa kembali menorehkan prestasi," jelasnya.

Selanjutnya, dari 75 desa terpilih oleh Kemenparekraf ini, akan menerima penghargaan dengan lima kategori yaitu Daya Tarik Pengunjung, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata & CHSE, yang akan diserahkan Oktober 2023.(Redaksi)

0 Komentar