5 Jenis Makanan yang Jadi Pantangan Para Penderita Diabetes

diabetes
Tahukah kamu jika penderita diabetes tidak bisa mengkonsumsi sembarang makanan? Penderita diabetes memiliki pilihan makanan yang cenderung terbatas, sebab ada beberapa makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes.
Hal inilah yang membuat penderita diabetes harus menghindari jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan mengetahui apa saja makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes, maka kita dapat melakukan pencegahan agar kondisinya tidak semakin parah serta menjaga kadar gula darah tetap stabil.
Berikut adalah 5 jenis makanan yang menjadi pantangan untuk penderita diabetes. Simak selengkapnya ya!

1. Makanan Tinggi Gula

Ilustrasi fudge cake Foto: dok.Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi fudge cake Foto: dok.Shutterstock
Makanan dengan rasa yang manis memang nikmat, namun makanan tinggi gula menjadi salah satu pantangan untuk diabetes, lho. Gula yang berlebih akan memicu kadar gula darah naik dengan drastis, sehingga membebani pekerjaan pankreas dalam menghasilkan insulin.
Peningkatan kadar gula darah yang terjadi terus menerus akan merusak pembuluh darah dan saraf sehingga memicu komplikasi serius seperti penyakit jantung, stroke dan kerusakan pada ginjal.
Contoh makanan yang tinggi gula adalah cokelat, kue, es krim ataupun minuman yang bersoda.
2. Makanan dengan Karbohidrat Sederhana
Ilustrasi stik kulit roti tawar Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi stik kulit roti tawar Foto: Shutter Stock
Faktanya, karbohidrat sederhana cepat dicerna dan diserap oleh tubuh. Karbohidrat sederhana menjadi salah satu jenis kandungan yang dapat memicu peningkatan kadar gula darah dengan cepat dan drastis. Penderita diabetes memiliki masalah dalam mengatur kadar gula darah, sehingga asupan karbohidrat sederhana yang berlebihan memberatkan kerja pankreas dalam mengeluarkan insulin.
Dilansir dari Medical News Today (2023), menjadi sadar dan memperhatikan asupan karbohidrat serta memilih makanan yang lebih bernutrisi akan membantu mengurangi risiko kesehatan pada penderita diabetes.
Contoh makanan dengan karbohidrat sederhana adalah roti putih, nasi putih, pasta ataupun biskuit

3. Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Ilustrasi menyimpan susu dalam kulkas Foto: dok.Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyimpan susu dalam kulkas Foto: dok.Shutterstock
Makanan tinggi lemak jenuh dapat mempengaruhi kesehatan penderita diabetes karena dapat meningkatkan risiko obesitas dan penyakit jantung. Lemak jenuh dapat menurunkan sensitivitas insulin dan meningkatkan resistensi insulin.
Lemak jenuh juga dapat meningkatkan risiko obesitas. Maka dari itu penderita diabetes disarankan mengganti asupan lemak jenuh menjadi lemak tak jenuh tunggal.
Contoh makanan dengan lemak jenuh adalah daging merah, produk olahan daging, dan produk susu full cream.

4. Makanan Ringan yang Diproses

Ilustrasi keripik kentang. Foto: skrotov/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keripik kentang. Foto: skrotov/Shutterstock
Makanan ringan atau snack yang diproses tidak baik untuk penderita diabetes. Makanan ringan yang diproses mengandung banyak gula, garam, dan lemak jenuh. Makanan ringan ini juga rendah nutrisi dan bernilai kalori kosong.
Makanan ringan yang diproses kerap menggunakan bahan pengawet dan pewarna yang memiliki efek negatif. Konsumsi makanan ringan yang diproses menyebabkan peningkatan kadar gula darah sehingga dapat mempengaruhi kontrol gula pada penderita diabetes.
Contoh makanan ringan yang diproses adalah keripik kentang, keripik singkong, keripik basreng, biskuit dan lain-lain.
5. Alkohol
Ilustrasi beli wine di toko. Foto: Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi beli wine di toko. Foto: Getty Images
Alkohol sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Dilansir dari Medical News Today (2021), alkohol bisa mempengaruhi setiap organ dalam tubuh manusia. Ketika seseorang mengkonsumsinya, alkohol dapat dengan cepat diserap oleh lambung dan usus halus sehingga masuk ke dalam aliran darah.
Mengkonsumsi alkohol dengan taraf rendah dan jarang mungkin hanya menjadi stimulan. Namun jika alkohol terlalu banyak dikonsumsi dengan taraf yang sering maka akan mempengaruhi tubuh, sehingga berdampak buruk untuk penderita diabetes.
Lima jenis makanan tersebut merupakan pantangan dan sebaiknya dihindari penderita diabetes, sebab berefek negatif pada tubuh. Selain menghindari makanan tersebut, penderita diabetes juga disarankan olahraga rutin dan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Yuk mulai bentuk pola makan yang sehat!

Sumber : kumparan.com






0 Komentar