Pengelola Desa Wisata Sabang Benchmark ke Jawa Tengah - Aceh Global News

Header Ads

test

Pengelola Desa Wisata Sabang Benchmark ke Jawa Tengah

Sabang.AGN - Sebanyak 16 pengelola desa wisata Sabang mengikuti kegiatan benchmark ke Desa Wisata Dieng Kulon di Jawa Tengah dari tanggal 8 - 12 Desember 2022.

Desa Wisata Dieng Kulon merupakan sakah satu desa wisata di Indonesia yang sukses mengangkat hajat hidup masyarakatnya dan sukses mengelola beberapa event yang berstandar internasional.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Priwisata Aceh melalui Kabid Pengembangan Destinasi Munawir Arifin, S.STP mengatakan, perjalanan ini dilakukan dalam rangka kegiatan benchmark bagi empat desa di Sabang yaitu Desa Jaboi, Anoi Itam, Aneuk Laot, dan dan desa Iboih untuk mempelajari kisah sukses dan praktik membangun desa wisata yang sukses.

“ Dalam benchmark ini para peserta mempelajari dasar-dasar manajemen event dimulai dari perencanaan yang baik, membangun jaringan, membangun tim, menarik sponsor, dan manajemen keuangan. Pelajaran disusun berdasarkan pengalaman Desa Wisata Dieng Kulon dalam membangun desanya lebih dari 15 tahun,” kata Munawir Arifin, Jum'at (09/12/2022).

Pihaknya mengharapkan agar para peserta dapat mengamati, meniru, dan memodifikasi praktik-praktik yang dilakukan di Desa Dieng Kulon saat mereka kembali ke desa masing-masing.

Selama melalukan kegiatan benchmark para peserta tinggal di homestay warga yang telah memiliki standar pelayan dan kebersihan. Kegiatan berakhir pada tanggal 12 Desember 2022 dimana para peserta kembali ke Aceh untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat.(Redaksi)

Tidak ada komentar