Gerak Cepat BPBD Sabang Tangani Bencana Dampak Cuaca Ekstrem - Aceh Global News

Header Ads

test

Gerak Cepat BPBD Sabang Tangani Bencana Dampak Cuaca Ekstrem


Sabang.AGN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang menyatakan siap siaga menangani dampak dari cuaca ekstrem yang saat ini tengah melanda Kota Sabang. 

"Kami akan terus siap siaga terhadap potensi bencana akibat cuaca ekstrem saat ini. Banjir, tanah longsor, dan pohon tumbang kerap terjadi di kala angin kencang dan curah hujan tinggi seperti ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Sabang, Syarbini melalui Sekretaris, Harry Susethia, Jum'at (23/12/2022).

Harry mengatakan dengan kekuatan 33 personil yang dibagi menjadi 3 regu, pihaknya selalu siap turun langsung melakukan penanganan yang terdampak bencana. BPBD juga telah menyiagakan 12 orang dalam piket harian, namun jika darurat pihaknya akan mengerahkan seluruh personel untuk turun ke lapangan.

Harry menyebutkan, dalam minggu ini, telah terjadi beberapa bencana karena angin kencang dan curah hujan tinggi, seperti banjir setinggi 50-130 cm yang menggenangi beberapa jurong di Balohan dan Paya Seunara. Selain itu, juga terjadi longsor dan pohon tumbang di beberapa lokasi, di Kota Sabang.

"Dan kemarin juga terjadi pohon tumbang di depan Kantor Wali Kota Sabang," ungkapnya.

Sekretaris BPBD juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati serta menghindari daerah-daerah rawan bencana, dan mengantisipasi hal-hal tersebut, salah satunya dengan cara mendapatkan informasi yang lebih banyak.

"Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan ditengah cuaca seperti ini, masyarakat Sabang harus lebih waspada, berhati-hati dan tanggap bencana serta langsung laporkan kepada kami jika terjadi bencana alam di sekitar, agar dapat segera ditangani. Jika angin kencang, hindari dan jaga jarak dari tiang-tiang listrik, baliho dan pohon besar," tuturnya.(Redaksi)

Tidak ada komentar