Festival Gampong Nelayan Jaboi - Aceh Global News

Header Ads

test

Festival Gampong Nelayan Jaboi

Sabang.AGN - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Gelar Festival Gampong Nelayan Jaboi di Balee Pasi Jaboi pada, Sabtu (03/12/2022).

Diketahui, sebelumnya Disbudpar Aceh melalui Bidang Pengembangan Destinasi menggelar pelatihan pembuatan event tradisional dan atraksi desa wisata di Kota Sabang.

Kepala Disbudpar Aceh, melalui Kepala Seksi Tata Kelola Pemberdayaan Masyarakat Pariwisata Fandhi Maulana, mengatakan, pihaknya akan terus berbuat untuk Aceh tak terkecuali Kota Sabang, dalam rangka memajukan pariwisata.

“Kegiatan festival desa nelayan Jaboi ini merupakan final dari rangkaian pelatihan membuat even tradisional dan atraksi desa wisata. Intinya kami dari Disbudpar Aceh akan terus berupa meningkatkan kualitas SDM pelaku wisata di Aceh. Guna menciptakan SDM berkualitas di bidang pariwisata,” ujar Fandi.

Fandhi Maulana juga mengatakan, pihaknya cukup puas dengan kualitas even festival desa nelayan Jaboi yang dimotori para peserta kegiatan yang mengikuti pelatihan tersebut.

Bagaimana tidak, hanya dalam waktu dua hari, penyerapan materi yang diberikan dapat langsung diaplikasikan oleh peserta, dan membuahkan hasil yang cukup memuaskan.

Hal senada juga dikatakan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Jaboi Hidayatullah, bahwa kegiatan ini merupakan hasil dari pelatihan pembuatan event tradisional dan atraksi desa wisata yang digelar Disbudpar Aceh dua hari yang lalu.

" Alhamdulillah acara pada hari ini berjalan dengan lancar, ini merupakan buah dari pelatihan kemarin kami aplikasikan praktek langsung dilapangan dengan membuat festival gampong nelayan jaboi. Kita memberikan pelatihan kepada para peserta, kita ajarkan mulai dari cara menjahit jaring, melempar jeu, dan bagaimana aktifitas nelayan lainnya", kata Hidayatullah.

Lebih lanjut Hidayatullah mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini guna mempromosikan Desa Wisata Jaboi sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Sabang serta menambah pengetahuan dan pengalaman Pokdarwis dalam mengelola pariwisata di desa.

Pada Festival tersebut, pengunjung yang datang dapat mencicipi ikan pisang-pisang bakar, mencicipi Mie Lungke Kameng, dan mencicipi masakan Jemeulan Peuleumak yang cukup nikmat dan memanjakan lidah dan bagi para peserta yang beruntung akan mendapatkan hadiah dari panitia.

" Kami berharap, semoga kedepan nanti Gampong Jaboi ini dapat diselenggarakan acara yang lebih besar lagi dari ini sehingga dapat memajukan wisata Gampong Jaboi", harapnya.(Rian)

Tidak ada komentar