Sabang.AGN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Sabang gelar
Focus Group Discussion (FGD) kedua Branding Kota Sabang di aula Bappeda Kota
Sabang, Jum'at (2/12/2022).
Menentukan label khas atau Branding dari Kota Sabang dimaksudkan
untuk meningkatkan popularitas dan meningkatkan potensi dalam menarik wisatawan
untuk berkunjung.
Pj Wali Kota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si mengatakan,
bahwa potensi tertinggi dari Kota Sabang saat ini terletak pada sektor
pariwisata, dengan wisata bahari alam bawah laut serta situs peninggalan akan
menjadi keunikan yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota
ini.
“ Potensi yang kita miliki memang untuk wisatawan-wisatawan
yang memang unik untuk dijelajahi. Jadi bisa kita bayangkan apabila Sabang ini dipenuhi
Tourism yang datang, maka segala sektor akan bangkit dan saya yakin kita akan
maju ”, Katanya.
Lebih lanjut Reza Fahlevi mengatakan, bahwa kita harus
segera menentukan sebuah konsep melalui FGD ini guna menemukan suatu Branding untuk Kota Sabang
agar Branding yang telah ditetapkan nantinya tidak hanya milik pemerintah,
melainkan milik kita bersama.
Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Sabang juga menyampaikan
apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan Dispar Kota Sabang, Reza Fahlevi
sangat mendukung kegiatan tersebut yakni dengan digelarnya FGD Branding Kota
Sabang melalui proses terciptanya suatu Brand untuk kota ini.
“ Kita perlu menentukan sebuah konsep, konsep bermasyarakat,
konsep Branding yang menjadi sebuah ikonnya Sabang yang menjadi sebuah komitmen
bersama dan dimiliki bersama. Proses ini sebenarnya sudah kita lakukan pada
2017 lalu, kita sudah survey awal untuk menemukan potensi-potensi ataupun
ikon-ikon Sabang, maka FGD ini harus bisa tuntaskan niat tersebut.
Jadi apa yang disampaikan tadi, berdasarkan konsep branding
yang didasarkan potensi, keunikan, diferensiasi, keunggulan yaitu Sabang
sehingga kita sepakati jadi konsep
branding, itu bagus sekali”, ucap Reza Fahlevi.
Dukungan juga harapan turut disampaikan Plt Kepala Dinas
Pariwisata (Kadispar) Kota Sabang Faisal Azwar, S.T, M.T mengatakan, bahwa
Branding Kota Sabang sangat penting dalam menentukan label khas dari kota ini guna
meningkatkan popularitas sektor pariwisata.
Menurutnya, Kota Sabang sudah sangat lengkap dari segala
unsur, karena memiliki alam laut yang sangat luar biasa, hutan tropis yang
subur, juga memiliki danau serta Sabang adalah titik nolnya Kilometer Indonesia.
Maka unsur ikonik pulau paling Barat Indonesia ini sudah sangat lengkap.
“ Branding itu sangat penting untuk dilkukan, dari dulu memang pernah kita sebutkan, branding itu bermula dari nama, sebenarnya branding itu tidak harus dari nama atau yang lainnya, tapi memang ingin menunjukan Sabang itu posisi yang situasinya pariwisata tapi dengan suatu bagaimana lain, lebih pas lagi, jika ingin memvonis itu, kita harus menikmati itu”, Kata Kadispar melalui kata-kata pembukanya dalam kegiatan tersebut.(Rian)
0 Komentar