Dispar Sabang Laksanakan FGD Kedua Dalam Menentukan Branding Kota Sabang - Aceh Global News

Header Ads

test

Dispar Sabang Laksanakan FGD Kedua Dalam Menentukan Branding Kota Sabang

 


Sabang.AGN – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Sabang gelar Focus Group Discussion (FGD) kedua Branding Kota Sabang di aula Bappeda Kota Sabang, Jum'at (2/12/2022).

Menentukan label khas atau Branding dari Kota Sabang dimaksudkan untuk meningkatkan popularitas dan meningkatkan potensi dalam menarik wisatawan untuk berkunjung.

Pj Wali Kota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si mengatakan, bahwa potensi tertinggi dari Kota Sabang saat ini terletak pada sektor pariwisata, dengan wisata bahari alam bawah laut serta situs peninggalan akan menjadi keunikan yang dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.

“ Potensi yang kita miliki memang untuk wisatawan-wisatawan yang memang unik untuk dijelajahi. Jadi bisa kita bayangkan apabila Sabang ini dipenuhi Tourism yang datang, maka segala sektor akan bangkit dan saya yakin kita akan maju ”, Katanya.

Lebih lanjut Reza Fahlevi mengatakan, bahwa kita harus segera menentukan sebuah konsep melalui FGD ini guna  menemukan suatu Branding untuk Kota Sabang agar Branding yang telah ditetapkan nantinya tidak hanya milik pemerintah, melainkan milik kita bersama.

Pada kesempatan itu, Pj Wali Kota Sabang juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan Dispar Kota Sabang, Reza Fahlevi sangat mendukung kegiatan tersebut yakni dengan digelarnya FGD Branding Kota Sabang melalui proses terciptanya suatu Brand untuk kota ini.

“ Kita perlu menentukan sebuah konsep, konsep bermasyarakat, konsep Branding yang menjadi sebuah ikonnya Sabang yang menjadi sebuah komitmen bersama dan dimiliki bersama. Proses ini sebenarnya sudah kita lakukan pada 2017 lalu, kita sudah survey awal untuk menemukan potensi-potensi ataupun ikon-ikon Sabang, maka FGD ini harus bisa tuntaskan niat tersebut.

Jadi apa yang disampaikan tadi, berdasarkan konsep branding yang didasarkan potensi, keunikan, diferensiasi, keunggulan yaitu Sabang sehingga kita sepakati  jadi konsep branding, itu bagus sekali”, ucap Reza Fahlevi.

Dukungan juga harapan turut disampaikan Plt Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Sabang Faisal Azwar, S.T, M.T mengatakan, bahwa Branding Kota Sabang sangat penting dalam menentukan label khas dari kota ini guna meningkatkan popularitas sektor pariwisata.

Menurutnya, Kota Sabang sudah sangat lengkap dari segala unsur, karena memiliki alam laut yang sangat luar biasa, hutan tropis yang subur, juga memiliki danau serta Sabang adalah titik nolnya Kilometer Indonesia. Maka unsur ikonik pulau paling Barat Indonesia ini sudah sangat lengkap.

“ Branding itu sangat penting untuk dilkukan, dari dulu memang pernah kita sebutkan, branding itu bermula dari nama, sebenarnya branding itu tidak harus dari nama atau yang lainnya, tapi memang ingin menunjukan Sabang itu posisi yang situasinya pariwisata tapi dengan suatu bagaimana lain, lebih pas lagi, jika ingin memvonis itu, kita harus menikmati itu”, Kata Kadispar melalui kata-kata pembukanya dalam kegiatan tersebut.(Rian)

Tidak ada komentar