Kamis, 17 November 2022

Pokdarwis Banda Aceh Dibekali Pelatihan Untuk Menjalankan Event Desa Wisata

Pokdarwis Banda Aceh Dibekali Pelatihan Untuk Menjalankan Event Desa Wisata

 

Banda Aceh.AGN – Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh melaksanakan pelatihan bagi para anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang berdomisili di Banda Aceh.

Pelatihan ini dilaksanakan di Desa Wisata Lubuk Sukon, Aceh Besar dengan tajuk “Pelatihan Pembuatan Even Tradisional Dan Atraksi Di Desa Wisata Kota Banda Aceh,” dan diikuti oleh empat desa wisata Kota Banda Aceh yaitu Lampulo, Lamjamee, Ulee Lheu, dan Punge Blang Cut, Kamis (17/11/2022).

Amatan media dilapangan, meskipun hanya dilakukan dalam rentang waktu tiga hari, dalam pelatihan ini para peserta dibekali dengan ilmu pengetahuan dan praktik guna menciptakan sebuah even menarik dan sukses.

Pada hari pertama pelatihan para peserta dibekali ilmu tentang tata cara menemukan ide kreatif yang menarik bagi wisatawan dan memilih ide terbaik. Selanjutnya peserta juga diajarkan kemampuan untuk mengelola event di desa wisata dan mempromosikannya.

Pada hari kedua para peserta dibimbing untuk membagi tugas dan mempersiapkan even desa wisata sehingga mereka paham akan langkah-langkah dan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi untuk menghadirkan sebuah even di desa wisata.

Pada saat hari penutupan, terlihat adanya penyelenggaraan even “Festival Jajanan Tradisional Aceh” yang dilaksanakan di Gampong Lubuk Sukon. Para peserta pelatihan dalam kegiatan ini bertindak sebagai panitia pelaksana yang aktif mengelola acara yang dihadiri cukup banyak pengunjung. Beragam jajanan masyarakatpun habis terjual pada festival tersebut.

Setelah hanya tiga hari pelatihan dapat dilihat bahwa kemampuan para peserta dalam mengelola even desa wisata telah mulai muncul dan diharapkan mereka dapat menjadi motor even-even yang akan dilaksanakan di desa wisata masing-masing nantinya.(Redaksi)

 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link