Jumat, 28 Oktober 2022

Tingkatkan Potensi Kelapa Sawit Aceh, GAPKI Gelar Sosialisasi Dan Bimbingan Teknis

Tingkatkan Potensi Kelapa Sawit Aceh, GAPKI Gelar Sosialisasi Dan Bimbingan Teknis

Sabang.AGN - Gabungan Petani Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Aceh bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) gelar sosialisasi serta bimbingan teknis kepada para mitra dan petani Aceh di Aula Hotel Mata Ie Resort, Kota Sabang pada Jum'at (28/10/2022).

Ketua GAPKI Cabang Aceh Sabri Basyah mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan program dari pemerintah yang tujuannya untuk meningkatkan produktivitas pada sektor industri kelapa sawit di Aceh demi memaksimalkan potensi hasil pertanian.

" Ini kegiatan Gapki Aceh bersama BPDPKS untuk percepatan peremajaan sawit rakyat. Jadi pemerintah punya program untuk meningkatkan produktivitas industri kelapa sawit melalui peremajaan sawit rakyat", kata Sabri Basyah kepada Wartawan.

Menurutnya, program ini sudah berjalan sejak  empat tahun yang lalu namun melalui jalur Kedinasan. Saat ini sudah ada Permentan baru nomor 3 tahun 2022 yang merupakan jalur lainnya, jadi jalur perusahaan, jadi namanya jalur kemitraan. Hari ini dilakukan sosialisasi  Permentan tersebut," tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hasil pertanian kelapa sawit di Aceh termasuk pada kategori  yang dapat dikatakan rendah dibanding dengan perovinsi lainnya. Melalui sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) tersebut yang mengusung tema Percepatan Peremajaan Sawit Rakyat di Provinsi Aceh, GAPKI berharap dapat mendongkrak potensi produktivitas industri kelapa sawit di Aceh.

“ Hasil pertanian dari kelapa sawit di Aceh masih rendah dibandingkan dengan daerah lain, namun kita akan beranjak dari hal tersebut bila Bimtek ini kita jalankan dan juga kita terapkan dilapangan, saya yakin ini akan mendongkrak hasil dari kelapa sawit di Aceh," tambahnya lagi.(Redaksi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link