Pawai Karnaval Budaya Di Kota Sabang Berlangsung Meriah

 


Sabang.AGN - Setelah dua tahun vakum, Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang bekerjasama dengan Bakesbangpol Sabang kembali mengadakan pawai karnaval budaya dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77.

Diikuti sebanyak 46 sekolah yang terdiri dari SD, SMP, dan SMA sederajat di Kota Sabang, lomba pawai karnaval budaya ini berlangsung meriah dan disambut antusias oleh masyarakat Sabang yang rela berdiri di sepanjang rute pelaksanaan kegiatan. 

Pawai karnaval budaya ini dilepas secara langsung Wali Kota Sabang, Nazaruddin S.I.Kom bersama Wakil Wali Kota Sabang, Drs. H. Suradji Junus, di depan Kantor Wali Kota Sabang, Kamis (18/08/2022).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sabang Desiana, S.Pd, M.Pd mengatakan pawai karnaval budaya ini dilaksanakan dalam rangkaian HUT RI ke-77. Terdapat 46 sekolah yang berpartisipasi diantaranya 30 sekolah tingkat SD/MI, 11 sekolah tingkat SMP/MTsN dan 5 sekolah tingkat SMA/SMK/MA.

Lanjutnya, untuk peserta yang ikut dibedakan dari lokasi sekolah. Peserta dari sekolah-sekolah yang berada di sekitar kota bisa mengikutsertakan 40 siswa, sedangkan sekolah-sekolah yang agak jauh dari kota dapat membawa 20 orang siswa. 

"Dengan dukungan semua pihak, Alhamdulillah pawai karnaval budaya ini bisa kita laksanakan. Sebelumnya di Sabang sendiri bisa dilaksanakan hingga ratusan event. Sudah 2 tahun pandemi Covid-19 melanda dan tahun ini Alhamdulillah bisa kita laksanakan kembali" kata Desiana.

Sementara itu, Dewi Fortuna yang merupakan salah satu juri karnaval budaya ini menjelaskan pihaknya menentukan 6 juara terbaik dan satu juara favorit, dengan kriteria penilaian diantaranya kostum budaya, keserasian barisan, aksesoris dan juga semangat dalam penampilan. 

"Setelah melakukan penilaian dengan seksama, kita memutuskan juara I dimenangkan MAN 1 Sabang dengan hadiah trofi dan uang tunai sebesar Rp. 4.000.000, juara II SDN 16 Kota Sabang mendapat Rp. 3.500.000 dan juara III diraih SMP 1 Sabang dengan hadiah Rp. 3.000.000," jelasnya.

Kemudian, juara harapan I diraih SD 06 Sabang yang mendapatkan Rp. 2.000.000, juara harapan II diberikan kepada SMA 1 Sabang dengan memperoleh Rp 1.500.000 dan juara harapan III jatuh kepada MIN Sabang yang mendapatkan Rp. 1000.000, serta SDN 08 Sabang menjadi juara favorit dengan meraih Rp. 750.000.

"Sebenarnya selisih poinnya tidak jauh, juara satu mendapat 375 poin, juara dua 365 poin, dan juara tiga 350 poin. Sementara juara harapan satu mendapat 330 poin, harapan dua 310, dan harapan tiga 300 poin. Semua penampilan bagus, tetapi kita tetap harus memilih yang terbaik dari semua itu," tambahnya.(Redaksi)

0 Komentar