Pangeran Harry Raih Izin Tuntut Pemerintah Inggris Akibat Tolak Beri Keamanan


Pangeran Harry memenangkan izin untuk menantang keputusan pemerintah yang menolak memberikan perlindungan polisi saat dia berada di Inggris pada Jumat (22/7/2022).

Pengadilan Tinggi inggris memutuskan agar klaim itu kembali ditinjau. Seorang hakim akan memeriksa keabsahan dari keputusan badan publik tersebut. Pihaknya belum menetapkan tanggal untuk peninjauan itu.
Pengadilan menyatakan, Harry seharusnya mendapatkan pemberitahuan sebelum menerima keputusan perihal pencabutan perlindungan itu.
Sehingga, dia dapat memiliki kesempatan untuk mengajukan banding. Kementerian Dalam Negeri Inggris menolak untuk mengomentari proses hukum tersebut hingga kini.

"Sistem keamanan pelindung Pemerintah Inggris sangat ketat dan proporsional. Sudah menjadi kebijakan lama kami untuk tidak memberikan informasi terperinci tentang pengaturan itu, karena hal itu dapat membahayakan integritas mereka dan memengaruhi keamanan individu," jelas juru bicara Pemerintah Inggris, dikutip dari Reuters, Sabtu (23/7/2022).
Pangeran Harry Raih Izin Tuntut Pemerintah Inggris Akibat Tolak Beri Keamanan (1)
zoom-in-whitePerbesar
Meghan Markle dan Pangeran Harry menghadiri resepsi jelang dimulainya Invictus Games The Hague 2020 di Den Haag, Belanda, Jumat (15/4/2022). Foto: Chris Jackson/Getty Images
Harry dan istrinya, Meghan Markle, mendapatkan perlindungan penuh dari polisi Inggris. Namun, mereka kehilangan privilese itu setelah mengundurkan diri sebagai bangsawan pada 2020.
Pasangan tersebut kemudian pindah ke Amerika Serikat (AS). Bersama dua buah hati yang masih kecil, mereka mengandalkan tim keamanan swasta sejak menempati California.
Kendati demikian, perlindungan itu tidak mencukupi ketika Harry harus kembali ke Inggris. Harry lantas menawarkan untuk membayar layanan keamanan itu secara pribadi ketika berkunjung.
Tetapi, Kemendagri Inggris menolak permintaannya. Pengacara Harry mengatakan, anggota keluarga kerajaan terlibat dalam keputusan itu.
Ibu Harry, Putri Diana, tewas dalam kecelakaan mobil di Paris pada 1997. Saat itu, dia tengah berupaya melarikan diri dari paparazzi. Harry mengkhawatirkan, tragedi itu akan terulang kembali.
Ketegangan dalam keluarga kerajaan itu mencuat sejak pernikahan Harry dan Meghan pada 2019. Sejak itu, keduanya telah menghadapi kritik keras dari media Inggris.
Dilansir dari laman Kumparan

0 Komentar