Senin, 06 Juni 2022

Terungkap! Alasan Orang India Doyan Makan-Masak Pakai Tangan

Terungkap! Alasan Orang India Doyan Makan-Masak Pakai Tangan


Meskipun kemajuan global, orang-orang di India memiliki kebiasaan makan menggunakan tangan. Mereka tidak peduli dan tidak mau beralih ke sendok dan garpu.

Mereka masih lebih suka makan dengan tangan mereka. Meskipun beberapa orang menyebutnya tidak higienis atau kampungan, itu adalah cara terbaik untuk menikmati makanan India yang lezat.

Bahkan menurut laman India Today, Mantan Perdana Menteri India, Pandit Jawaharlal Nehru, pernah berkata, "Makan biryani dengan garpu dan pisau, sama seperti bercinta melalui seorang penerjemah."

Berikut ini dirangkum CNBC Indonesia, Minggu (5/6/2022) alasan kenapa orang India doyan makan pakai tangan.

1. Cara tradisional

Ini adalah praktik tradisional di India untuk menggunakan ujung jari saat makan. Meskipun butuh waktu untuk menguasai seni membawa makanan ke mulut hanya dengan jari-jari, ritual ini memiliki kebaikannya sendiri.

2. Makanan yang sulit menggunakan sendok

Makanan yang biasa orang India konsumsi seperti rotis dan paratha, sulit mengkonsumsinya dengan menggunakan alat makan. Akan sangat repot untuk rotis dan prataha dengan menggunakan sendok, garpu atau pisau.

Belum lagi saat memisahkan tulang ikan. Akan sulit bagi orang Bengali, Marathis, dan India Selatan menikmati ikan mereka jika mereka harus menggunakan dengan sendok dan garpu setiap saat.

3. Menggunakan alas daun pisang

Sendok dan garpu tidak cocok dengan makanan India Selatan, terutama banyak dari mereka yang makan dari piring beralaskan daun pisang tradisional.

4 'Mindful eating'

Saat makan adalah hal yang penting dan membutuhkan konsentrasi agar makanan yang dimakan dapat berguna bagi tubuh.

Makan dengan tangan disebut membutuhkan perhatian tinggi. Praktik ini, yang sering disebut dengan mindful eating, dikatakan lebih sehat daripada makan dengan sendok.

5. Meningkatkan kerja pencernaan

Begitu kita menyentuh makanan dengan tangan, otak memberi sinyal pada perut bahwa kita siap untuk makan. Ini membantu perut bersiap-siap untuk menyiapkan makanan, sehingga meningkatkan pencernaan.

Menurut mereka, kita bisa memastikan untuk mencuci tangan sebelum makan, baik saat di rumah maupun saat makan di luar.

Tapi dalam kasus restoran kebanyakan, kita tidak pernah tahu seberapa higienis sendok yang digunakan.

Dilansir dari laman CNBCIND

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link