Rabu, 01 Juni 2022

Perang Ukraina Makin Panas, Zelensky Sebut Rusia "Gila"

Perang Ukraina Makin Panas, Zelensky Sebut Rusia "Gila"


Perang Rusia dan Ukraina masih panas. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahkan menyebut Moskow "gila".

Ini terjadi akibat serangan Rusia ke sebuah pabrik kimia dalam upaya mereka untuk menyelesaikan perebutan kota penting di timur. Rusia diketahui makin gencar menyerang kota Severodonetsk, salah satu jalur industri di Ukraina.

"Mengingat adanya produksi kimia skala besar di Severodonetsk, serangan tentara Rusia di sana termasuk pengeboman udara membabi buta, sungguh gila," kata Zelensky dalam sebuah pesan video, dikutip AFP, Rabu (1/5/2022).

"Tetapi pada hari ke-97 perang seperti ini, tidak lagi mengejutkan bahwa bagi militer Rusia- bagi komandan Rusia, bagi tentara Rusia- kegilaan apa pun benar-benar dapat diterima."

Severodonetsk memang salah satu dari beberapa pusat kota penting di Ukraina Timur. Jika berhasil dikuasai penuh, Rusia berarti akan berhasil merebut semua wilayah Lugansk dan pusat administrasi de facto Ukraina timur, Kramatorsk.

Sebelumnya, gubernur setempat menyatakan pasukan Rusia telah mengambil alih sebagian kota Severodonetsk, Selasa sore.

"Situasinya sangat rumit. Bagian dari Severodonetsk dikendalikan oleh Rusia," kata Gubernur Regional Lugansk Sergiy Gaiday dalam sebuah pernyataan di media sosial.

Namun beberapa wilayah industri masih di tangan Kyiv. Sehingga tentara Moskow masih sulit bergerak bebas di kota itu.

"(Namun) pasukan musuh tengah merencanakan operasi lain untuk membersihkan desa-desa di sekitar wilayah tersebut," tambahnya.

Sebelum perang, populasi kota sekitar 100.000 orang. Tapi kini kota itu bak kota mati dengan kondisi hancur.

Dilansir dari laman CNBCIND

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link