Selasa, 21 Juni 2022

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang


Kopi menjadi lebih dari sekadar minuman. Kopi merupakan minuman yang kerap menemani kamu di berbagai momen. Banyak orang yang menjadikan kopi sebagai teman baik saat hangout, kerja, maupun pilihan saat begadang. Namun perlu diperhatikan, ternyata kopi tidak bisa dikonsumsi setiap saat.

Kopi dikenal menjadi minuman kaya manfaat. Salah satu kandungan dalam minuman ini adalah kafein yang dapat membantu kamu terjaga dan meningkatkan energi. Kopi memiliki berbagai varian. Sebut saja seperti latte, espresso, cappuccino, dan varian lainya.
Mengutip Eat This, dibalik berbagai manfaat kopi beserta variannya ternyata kopi tidak baik untuk dikonsumsi setiap saat. Ada waktu-waktu yang sebaiknya kamu hindari bila ingin mengonsumsi kopi. Berikut ini 5 waktu terburuk untuk mengonsumsi kopi:

1. Konsumsi kopi setelah jam 12 siang

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang (1)
zoom-in-whitePerbesar
com-Ilustrasi jam minum kopi. Foto: Shutterstock

Menurut ahli gizi Sharon Katzman, minum kopi setelah jam 12 siang dapat mengganggu waktu tidur kamu karena kafein yang tinggi. Kopi dingin atau cold brew membutuhkan biji kopi yang lebih banyak daripada kopi panas pekat. Sehingga, meminumnya saat sore hari akan membuat kamu terjaga.

2. Setelah konsumsi 2 gelas

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang (2)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kopi susu gula aren. Foto: Shutterstock
Segala yang berlebihan itu tidak baik. Tidak terkecuali dalam meminum kopi. Sharon menyarankan untuk mengonsumsi kopi setidaknya 2-3 gelas. Lebih dari itu, maka tubuh kamu akan dehidrasi. Bahkan, jika kamu mengonsumsi lebih dari 4 gelas kopi sehari, maka dianggap memiliki kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan.

3. Saat perut kosong

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang (3)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sakit Perut. Foto: Getty Images
Kopi memiliki kandungan asam yang apabila kamu konsumsi saat perut kosong akan menimbulkan dampak tidak nyaman. Sharon juga menambahkan bahwa keasaman pada kopi dapat menimbulkan mulas, masalah pencernaan, dan sakit perut. Ada cara lain agar kamu bisa tetap menyeruput kopi di pagi hari, yaitu dengan menambahkan susu atau minum cold brew karena rasanya tidak sepahit kopi murni.

4. Saat kolesterol tinggi

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang (4)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kolesterol tinggi Foto: Thinkstock
Saat kolesterol tinggi bukan berarti kamu tidak bisa mengonsumsi kopi. Tetapi kamu harus memperhatikan cara penyeduhannya. Jika, LDL kamu tinggi, maka pertimbangkan kopi yang disaring dengan kertas untuk membantu menghindari kolesterol melonjak lebih tinggi.

5. Setiap hari

Catat! Ini Waktu Terburuk Minum Kopi, Sebaiknya Jangan di Atas Jam 12 Siang (5)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi nongkrong sambil minum kopi. Foto: Shutter Stock
Bagi kamu yang suka mengonsumsi kopi setiap hari, sepertinya harus mulai mengurangi. Hal tersebut dapat membuat kamu kecanduan kopi. Ahli diet Ella Davar mengutarakan bahwa kopi memiliki efek langsung dalam peningkatan energi, itu berpengaruh pada hormon perangsang seperti adrenalin.
Jika terus menerus dikonsumsi tanpa henti, maka dapat membuat tubuh kelelahan. Untuk itu, porsi ideal minum kopi yaitu 4-5 gelas seminggu, selebihnya kamu bisa mengganti dengan konsumsi teh hijau yang juga mengandung kafein alami.
Dilansir dari laman Kumparan

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link