Sabtu, 07 Mei 2022

Rusia Klaim Hancurkan Peralatan Militer AS dan Eropa di Kharkiv

Rusia Klaim Hancurkan Peralatan Militer AS dan Eropa di Kharkiv

 

Tank pasukan militer pro-Rusia menembak saat konflik Rusia-Ukraina dekat pabrik baja Azovstal di kota pelabuhan selatan Mariupol, Ukraina pada Kamis (5/5/2022). Foto: Alexander Ermochenko/REUTERS

AGN - Kementerian Pertahanan Rusia menyebut telah menghancurkan persediaan besar peralatan militer dari Amerika Serikat dan Eropa dekat stasiun kereta Bohodukhiv di wilayah Kharkiv, Ukraina.

Dikutip dari Reuters, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan itu menargetkan 18 fasilitas militer Ukraina dalam semalam. Termasuk 3 depot amunisi di Dachne, dekat kota pelabuhan Odesa.
Sebagaimana diketahui, Rusia terus melancarkan serangan ke sejumlah wilayah di Ukraina. Terakhir, Rusia menghancurkan pabrik baja Azovstal di Kota Mariupol.
Orang-orang berjalan di area yang rusak di dalam pabrik yang terbakar akibat serangan Rusia, di Kharkiv, Ukraina, Sabtu (30/4/2022). Foto: Ricardo Moraes/REUTERS
Serangan itu membuat Ukraina harus mengevakuasi warga sipil dari lokasi itu. Diperkirakan ada sekitar 200 warga sipil, termasuk anak-anak yang masih terperangkap di terowongan dan bunker era Soviet di bawah pabrik Azovstal, bersama sekelompok tentara Ukraina yang bertahan.
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bahkan meminta gencatan senjata di sana. Sebab, pabrik baja Azovstal adalah pertahanan terakhir dari militer Ukraina di Mariupol dari gempuran pasukan Rusia. Di tempat tersebut pula warga sipil Mariupol yang tersisa berlindung.

Rusia semenjak invasi pada 24 Februari 2022 sudah mengubah strategi. Mereka kini menargetkan merebut kota-kota di timur dan selatan termasuk kota pelabuhan Mariupol.


Dilansir dari laman kumparanNEWS





Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link