Kamis, 12 Mei 2022

Intelijen Rusia Sebut AS Jalankan Propaganda Ala Nazi

Intelijen Rusia Sebut AS Jalankan Propaganda Ala Nazi

AGN - Setelah mengaitkan Ukraina dengan kebangkitan Nazi di Eropa, kini Rusia juga menuduh Amerika Serikat (AS) menjalankan strategi propaganda mirip Nazi untuk melawan negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut.

Seorang kepala intelijen Rusia membandingkan Departemen Luar Negeri AS dengan mesin propaganda Nazi Perang Dunia Kedua yang dijalankan oleh Joseph Goebbels. Menurutnya, AS telah meluncurkan kampanye pesan anti-Rusia di media sosial, yang memicu teguran dari Washington.

Sergei Naryshkin, Kepala Badan Intelijen Luar Negeri Rusia (SVR) mengatakan AS mendorong penyebaran informasi palsu pada layanan pesan Telegram yang populer dalam upaya untuk mendiskreditkan dan merendahkan kepemimpinan politik dan militer Rusia di mata negara-negara Barat.

"Tindakan mereka memiliki banyak kesamaan dengan tradisi kementerian pendidikan publik dan propaganda Third Reich dan pemimpinnya Joseph Goebbels," kata Naryshkin dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di website SVR, dikutip Reuters, Kamis (12/5/2022).

Naryshkin tidak memberikan bukti untuk mendukung klaim kampanye informasi yang didukung AS.

Yang jelas, Rusia secara teratur menuduh Barat mendanai dan mendukung gerakan anti-Kremlin dan telah melabeli lusinan kelompok hak asasi manusia independen dan media di Rusia sebagai agen asing selama beberapa tahun terakhir.

"Pernyataan ini sangat ironis mengingat upaya disinformasi dan propaganda yang disponsori negara Rusia sudah berlangsung lama," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS.

Sejak serangannya ke Ukraina pada 24 Februari lalu, Rusia telah mempercepat kampanyenya untuk meredam suara-suara oposisi di dalam negeri. Jurnalis dan individu lain dapat dipenjara hingga 15 tahun karena menerbitkan apa yang dianggap Rusia sebagai "berita palsu" tentang kampanye militer.

Dilansir dari laman CNBCIND

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link