Minggu, 29 Mei 2022

Cuaca Buruk, Pelayaran Sabang - Banda Aceh Terganggu

 Cuaca Buruk, Pelayaran Sabang - Banda Aceh Terganggu

Foto | Kapal Cepat Expres Bahari 2F

Sabang.AGN – Angin kencang disertai hujan yang melanda Kota Sabang menyebabkan alur penyeberangan kapal dari Pelabuhan Balohan menuju Pelebuhan Ulee-lheue Banda Aceh dan sebaliknya terganggu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Sabang Husaini, ST mengatakan, saat ini penyebrangan dengan kapal roll-on/roll-off (Roro) atau kapal cepat tidak lagi berlayar sesuai jadwal.

Hak tersebut dikarenakan cuaca kurang bersahabat, angin kencang dan gelombang laut mencapai empat meter. 

Sehingga kapal roro hari ini hanya melakukan perjalanan sebanyak dua trip dari yang biasanya pada hari libur sampai empat trip dalam sehari.

Bahkan dikatakan Husaini, untuk kapal cepat Express Bahari hanya melakukan perjalanan satu trip tadi pagi saja, untuk siang ini tidak melakukan perjalanan dikarenakan faktor cuaca.

“Kita selalu berkoordinasi dengan pihak Syahbandar setempat dan BMKG terkait dengan cuaca di perairan sekitar Kota Sabang, maka jadwal keberangkatan terpaksa kita batasi dan kita sesuaikan dengan cuaca di lapangan, untuk kapal cepat hari ini hanya bisa melakukan perjalanan sekali saja pada pagi tadi,” sebutnya. 

Hal senada juga dikatakan Manager operasionak  PT Pelayaran Sakti Inti Makmur cabang Sabang, Fahra Rudi, bahwa kapal tidak beroperasi dikarenakan cuaca buruk, tentunya hal ini sangat berpengaruh dalam pelayaran.

Rudi mengungkapkan, pembatalan keberangkatan kapal cepat sudah terjadi sejak kemarin sore (28/5), dan hari ini kapal hanya melakukan perjalanan satu kali pada pagi tadi.

“ Untuk jadwal keberangkatan hari ini siang dan sore kita tiadakan karena cuaca buruk yang berpengaruh terhadap jarak pandang yang terbatas dan gelobang tinggi saat melakukan pelayaran, untuk besok hari akan kita jadwalkan kembali setelah berkoordinasi dengan pihak Syahbandar dan Dinas Perhubungan setempat,” ujar Rudi. (D. ARJUNA)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link