Jumat, 08 April 2022

Puluhan Calon Penumpang Kapal Ferry Terlantar, Pengelola KMC Express Bahari Akan Kembali Tambah Trip

Puluhan Calon Penumpang Kapal Ferry Terlantar, Pengelola KMC Express Bahari Akan Kembali Tambah Trip

 

Foto | Kapal Roro KMP Aceh Hebat 2 

Sabang.AGN – Trip penyeberangan kapal Sabang- Balohan dan sebaliknya dikurangi, puluhan calon penumpang terpaksa menunda keberangkatan pada sore Jum’at (08/04/2022).

Diketahui, sejak awal bulan ramadan Kapal Motor Cepat (KMC) Express Bahari yang biasanya melayani pelayaran tiga hingga empat trip perhari, jumat kali ini hanya melayani dua trip, yakni pukul 08.00 WIB, dan pukul 16.00 WIB. Sedangkan kapal ferry roro milik PT. ASDP yang biasa melayani pelayaran dua hingga tiga trip perhari, kali ini hanya melayani satu trip.

Menurut Informasi yang diterima acehglobalnews.id dari Dinas Perhubungan Provinsi Aceh melalui Kepala Bidang Pelayaran Dishub Provinsi Aceh, Al Qadri via telepon mengatakan, pengurangan trip ini dilakukan, mengingat adanya penurunan jumlah penumpang selama ramadan, namun keadaan yang terjadi pada trip terakhir yang dilayani Kapal Cepat Express Bahari jumat sore ini diluar dugaan pihaknya.

"Ini sudah terjadwal, selama ini pihak operator juga melihat penumpang sepi sehingga mengurangi trip. Kalau selama bulan ramadan memang dikurangi, seperti ASDP biasanya empat kali, tapi sekarang Cuma dua kali,” kata Al Qadri.

Al Qadri juga mengatakan, kondisi ini diperkirakan akan berlangsung hingga H- 7 Idul Fitri khusus untuk kapal ferry roro milik ASDP, yakni pelayaran tetap dilakukan satu hingga dua trip per hari. Namun bila mana permintaan meningkat, tidak tertutup kemungkinan jadwal yang telah ditetapkan ini akan berubah.

Sementara Kepala Cabang Express Bahari pelayaran Sabang- Banda Aceh Rudy mengatakan, membeludaknya penumpang diakibatkan pelayaran kapal ferry hanya satu trip, sehingga calon penumpang beralih ke Kapal Cepat Express Bahari. Jelasnya, hal seperti ini baru terjadi pada Jum’at sore dan keadaan ini jauh berbeda dari hari-hari sebelumnya sejak awal ramadan.


Foto | Kapal cepat Expres Bahari

Namun demikian meskipun kekecewaan calon penumpang yang tak terangkut bermuara kepada pihaknya, namun dia tetap bersikukuh pada aturan dan SOP yang ada, yang mana dalam sekali pelayaran khususnya KMC Express Bahari 5F hanya diperbolehkan mengangkut 259 penumpang.

"Jadwal pukul 14.30 WIB, kita alihkan ke pukul 16.00 WIB. Dan kapal ASDP tidak berangkat, sehingga penumpang beralih ke Kapal Cepat Express Bahari. Hari ini akan menjadi evaluasi kami, ke depan mungkin bisa kita tambah. Untuk jumlah penumpang kita tetap dibatasi jumlah sesuai kapasitas kapal,” tegas Rudy.

Permintaan penambahan penumpang pada pelayaran trip terakhir Jum’at sore ini seperti yang dimintakan sejumlah calon penumpang terpaksa ditolak pihaknya, mengingat kenyamanan dan keselamatan penumpang merupakan hal yang harus diutamakan dalam sebuah pelayaran dan terhitung 15 April 2022, pihaknya akan kembali melayani 3 trip pelayaran dan  memasuki H min 5 Idul Fitri kembali melayari 4 trip perhari.(ARDA)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link