Minggu, 13 Maret 2022

Rusia Menggila, Tembak 30 Rudal ke Dekat Perbatasan NATO

Rusia Menggila, Tembak 30 Rudal ke Dekat Perbatasan NATO

 

Foto: Sukhoi Su-34 (Tangkapan Layar via website uacrussia.ru)

Jakarta.AGN - Serangan Rusia ke Ukraina makin menggila, Minggu (13/3/2022) waktu setempat. Terbaru, Rusia dikabarkan membombardir sebuah situs di kota Lviv, dekat perbatasan Polandia, negara NATO.

Setidaknya 30 rudal ditembakkan ke pangkalan milier Pusat Keamanan dan Perdamaian Internasional (IPSC), tempat pelatihan khusus tentara Ukraina untuk misi penjaga perdamaian. Rudal ditembakkan dari pesawat tempur di atas Laut Hitam dan Laut Azov.

"Serangan udara Rusia menghantam sebuah pangkalan militer besar di dekat kota barat Lviv, yang dekat dengan perbatasan Polandia," tulis CNN International mengutip pemerintah daerah setempat.

"Menewaskan 35 orang dan meninggalkan lebih dari 130 orang di rumah sakit."

Sementara itu, pasukan Rusia disebut makin dekat ke pusat ibu kota Ukraina, Kyiv. Dilaporkan Kementerian Pertahanan Inggris kemarin, tentara Moskow sudah berada di jarak 25 kilometer (km).

Kota-kota penting seperti Kharkhiv, Mariupol, Mykolaiv, Dnipro, Chernihiv dan Sumy juga masih terus digempur Rusia. Di kota Mariupol yang terkepung, citra satelit menunjukkan kerusakan dan kebakaran di gedung apartemen dan pompa bensin.

"Fase bencana," kata seorang koordinator darurat untuk Doctors Without Borders menggambarkan kota Mariupol yang diserbu.

"Beberapa kota kecil tidak ada lagi. ... Mereka hilang begitu saja," ujar Presiden Ukraina Volodymyr Zekensky.

Rusia melakukan serangan sejak 24 Februari 2022. Sedikitnya 5.000 orang tewas dalam serangan ini dan lebih dari 2,5 juta mengungsi.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link