Rabu, 09 Maret 2022

Perang Makin Ngeri, Inggris Kirim Ukraina Rudal Anti-pesawat

Perang Makin Ngeri, Inggris Kirim Ukraina Rudal Anti-pesawat

Foto: Pesawat World War II Spitfire terbang di atas White Cliffs of Dover di Kent, Inggris. (Gareth Fuller/PA via AP)
 Jakarta.AGN - Inggris berencana mengirim rudal anti-udara ke Ukraina untuk membantu Kyiv memerangi serangan udara Rusia. Hal ini ditegaskan Pertahanan Inggris Ben Wallace kepada parlemen House of Commons, Rabu (9/3/2022) waktu setempat.

Ia mengatakan kemampuan pertahanan Ukraina perlu diperkuat. Karenanya Inggris telah mengambil keputusan untuk memberi rudal anti-udara portabel berkecepatan tinggi Starstreak.

"Rusia mengubah taktik mereka, jadi Ukraina juga perlu," katanya dikutip CNN International.

"Karena itu penting bagi Ukraina untuk mempertahankan kemampuannya untuk terbang dan untuk menekan serangan udara Rusia."

Ia menegaskan sistem ini akan memungkinkan pasukan Ukraina untuk mempertahankan langit mereka dengan lebih baik. Bukan Hanna itu, Inggris juga akan memasok ransum, peralatan medis, dan bantuan militer non-mematikan lainnya.

Inggris juga akan meningkatkan pasokan senjata anti-tank (NLAW). Termasuk senjata kecil dan amunisi ke Ukraina.

"Mulai hari ini, kami telah mengirimkan 3.615 NLAW dan terus mengirimkan lebih banyak lagi. Kami akan segera memulai pengiriman kecil rudal Javelin anti-tank juga," kata Wallance lagi.

"Saya ingin meyakinkan parlemen bahwa semua yang kami lakukan terikat oleh keputusan untuk memasok sistem pertahanan dan dikalibrasi untuk tidak meningkat ke tingkat strategis."

Rusia menyerang Ukraina sejak 24 Februari. Hingga hari ke-14 Rusia masih membombardir sejumlah kota meski kemarin mengumumkan gencatan senjata untuk evakuasi warga sipil.

Sejauh ini PBB melaporkan 400 lebih warga tewas. Namun Ukraina menyebut angkanya lebih dari itu.

Dilansir dari laman CNBC INDONESIA

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link