Senin, 21 Maret 2022

Pemerintah Aceh Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan

Pemerintah Aceh Tingkatkan Pelayanan Pelabuhan

 

Foto : Pelabuhan Penyeberangan Balohan Sabang

Sabang.AGN - Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh tingkatkan pelayanan di pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk upaya Pemerintah dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi setiap pengujung yang menggunakan fasilitas pelabuhan penyeberangan Balohan, sekaligus mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kunjungan wisatawan ke Sabang.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Sabang Husaini ST mengatakan, pihaknya terus bersinergi dengan Dishub Aceh dan juga BPKS Sabang untuk fokus dalam peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang, Senin (21/3/2022).

"Kami disini satu komando, untuk saat ini pengelolaan pelabuhan tersebut dilakukan oleh Pemerintah Aceh melalui Dinas Perhubungan Aceh  mulai tanggal 15 Maret 2022 kemarin, sekitar 28 personil Dishub Sabang kami tempatkan di Pelabuhan Balohan, ditambah dengan 6 personil dari Dishub Aceh," kata Kadishub Sabang, Husaini.

Dijelaskan, personilnya masing-masing ditempatkan sebagai koordinator, pengontrol Moveable Bridge (MB), bagian  informasi, pencatat antrian mobil, pengatur lalu lintas pada kantong parkir kapal cepat, pengatur lalu lintas keluar dan masuk kendaraan pada dermaga kapal Roro, pengatur antrian kendaraan pada kantong parkir kendaraan, pengatur penurunan dan pemberangkatan penumpang pada kapal Roro, serta pengambil dan pencacah data produksi kapal.

“Kami fokus kepada pelayanan, personil sudah ditempatkan pada tugasnya masing-masing. Kami hanya mengatur jalur kendaraan dan penumpang agar tertata rapi, bila penumpang salah jalur akan diarahkan oleh petugas. Kebersihan juga sudah ditangani, kemudian loket kapal juga sudah dipindahkan ke dalam ruang tunggu agar memudahkan penumpang membeli dan mengantri” jelasnya.

Lebih lanjut Husaini juga berharap pihak Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Sabang agar dapat menempati kantor yang berlokasi di sekitar pelabuhan, untuk memudahkan pihak kapal dalam mengurus surat izin berlayar. Hal ini sangat diperlukan agar kapal berangkat sesuai dengan target waktu yang telah ditentukan, sehingga penumpang dapat terlayani dengan baik.

"Kami berharap semua pihak dapat bekerja sama dalam meningkatkan pelayanan di pelabuhan penyeberangan Balohan Sabang," harapnya.(Redaksi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link