Selasa, 08 Maret 2022

Masjid At-Thohir, Masjid yang Dibangun Boy dan Erick Thohir Nan Indah dan Megah

Masjid At-Thohir, Masjid yang Dibangun Boy dan Erick Thohir Nan Indah dan Megah

 

Masjid At-Thohir. Foto: Dok. Istimewa

AGN - Masjid berarsitektur Timur Tengah yang bernuansa putih yang megah, indah, dan gagah itu menjadi ikon baru di kawasan Cimanggis, Tapos, Depok, Jawa Barat. Dia membuat siapa pun yang melewatinya terkesima.

Nama masjid ini Masjid At-Thohir. Didirikan oleh pengusaha nasional yang merupakan pemilik Adaro Energy Indonesia, Boy Thohir dan adiknya, Erick Thohir, pengusaha nasional yang kini Menteri BUMN.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada 31 Maret 2018. Setelah 3 tahun pembangunan, masjid ini sudah berdiri dengan sempurna. Rencananya, hari ini, Rabu (9/3) sore, masjid ini akan diresmikan oleh Presiden Jokowi.

JK di peletakan batu pertama masjid AT- Thohir Foto: Istimewa

Informasi yang didapat kumparan, Masjid At-Thohir dibangun sebagai bentuk pengabdian anak-anak terhadap almarhum ayahnya. Masjid didirikan pada sebuah area berbentuk seperti semenanjung yang berbatasan langsung dengan sungai dan memiliki potensi untuk dapat memandang ke segala arah. Konsep lokasi ini sejalan dengan konsep islam rahmatan lil ‘alamin, yang merangkul dan mengayomi semesta dan isinya tanpa terkecuali.

Konsep desain masjid ini penuh arti. Dalam sebuah syiar, keluarga merupakan dasar terpenting untuk membentuk karakter Islam yang sesungguhnya. Hal inilah yang menjadi konsep utama bangunan Masjid At-Thohir.

Masjid At-Thohir. Foto: Dok. Istimewa

Kubah terbesar yang merupakan bagian teratas atau kepala sebuah bangunan, merupakan lambang dari ayah sebagai pemimpin keluarga atau imam bagi putra-putri serta para cucu. Keberadaan putra-putri dan para cucu dilambangkan dengan 3 kubah berukuran sedang dan beberapa kubah kecil di sekitarnya.
Simbol Ibu sebagai bagian terpenting dan pemersatu seluruh anggota keluarga, diimplementasikan pada pondasi bangunan masjid, yang menjadi penopang unsur bangunan lainnya, dengan bentuk dasar dari bangunan kotak atau kubus. Sedangkan 4 menara melambangkan 4 sisi arah mata angin, utara, timur, selatan, dan barat, yang melambangkan syiar Islam yang terus dikumandangkan ke seluruh penjuru.


Area keseluruhan masjid yang terdiri dari ruang salat utama, lobi, pre-function, dan plaza serbaguna memiliki luas total 3.240 m2 yang bisa menampung 3.371 jemaah. Masjid juga dilengkapi fasilitas amphitheater untuk tempat pertunjukan atau acara pengajian, lahan parkir serta taman. Luas kompleks masjid ini sekitar 9.000 meter persegi.

Berapa biaya yang dikeluarkan Boy dan Erick Thohir dalam membangun masjid megah ini? Boy tidak pernah membukanya. Tapi, yang jelas, Boy menyiapkan bahan-bahan bangunan terbaik untuk masjid ini.

Dilansir dari laman kumparanNews

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link