Kamis, 24 Maret 2022

Dispar Lakukan Peningkatan Kualitas SDM Kepariwisataan

Dispar Lakukan Peningkatan Kualitas SDM Kepariwisataan

Sabang.AGN - Dinas Pariwisata Kota Sabang berikan pembinaan Pelatihan Dasar Kepariwisataan dan Bahasa Inggris kepada kelompok masyarakat, guru, pelajar dan mahasiswa/I di Kota Sabang.

Hal tersebut dilakukan untuk tingakatkan kualitas dan sumber daya manusia dibidang kepariwisataan. Adapun materi yang diberikan kepada para peserta kegiatan yakni, teknik guiding, yang mana materi tersebut diperkuat dengan praktik langsung di lapangan, dengan mengambil sejumlah lokasi, seperti Pantai Gapang dan Iboih.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Sabang Ir. Anas Fahruddin melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Soffa Dewi Yohanna, SE mengatakan, untuk menjadi seorang guide, bahasa asing merupakan salah satu kunci utama, dalam memberikan pelayanan kepada para tamu wisatawan dari dalam maupun luar negeri, katrena akan menunjukan kulaitas guide itu sendiri, Rabu (25/03/22).

“Tahun lalu pernah kita lakukan pelatihan yang sama. Jadi tahun ini kita adakan lagi, guna mencari SDM yang serius menjadi guide, lebih aktif berkomunikasi, berbahasa Inggris dengan wisatawan baik lokal maupun asing. Ilmu yang telah diberikan narasumber jangan divakumkan, dipergunakan sebagai sumber mata pencaharian mereka,” Terang Soffa.

Tambahnya, selain melakukan praktik langsung di lokasi wisata, peserta pelatihan juga diberikan pengetahuan terkait Teknik guiding di dalam kendaraan.

“Kami ada buat simulasi didalam mobil saat menuju wisata Gapang dan Iboih bagaimana menjadi guide. Kami memilih peserta yang dasarnya punya basic Bahasa Inggris dan mencari tamu asing agar peserta bisa berinteraksi langsung dengan tamu tersebut,” jelasnya.

Adapun Pelatihan yang digelar selama tiga hari terhitung 23 hingga 25 maret 2022 itu, diikuti 15 peserta, dari kalangan masyarakat, guru, pelajar dan mahasiswa/I, dengan pemateri Lulusan Sekolah Tinggi Bahasa Asing, Jurusan Sastra Inggris, Yunita Herawati T,S.S.(Arda)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link