Diskominfo Kota Sabang gelar Sosialisasi Pembentukan PPID Gampong

Foto | Diskusi kegiatanPembentukan PPID Gampong dan Qanun Keterbukaan Informasi Publik di Aula Diskominfo Sabang (05/06).

Sabang.AGN -  Sebanyak 36 peserta yang terdiri dari Ketua KIG dan perangkat gampong ditiga Kecamatan dalam Kota Sabang ikuti Sosialisasi Pembentukan PPID Gampong dan Qanun Keterbukaan Informasi Publik Gampong Kota Sabang di Aula Diskominfo Kota Sabang, Rabu (05/06/2024).

Kepala Diskominfo Kota Sabang, Agus Halim mengatakan, KIG merupakan sebuah wadah yang sangat strategis dalam upaya penyebaran informasi yang tepat, akurat, dan bermanfaat bagi masyarakat. KIG juga berperan sebagai perantara antara pemerintah dan masyarakat, yang tidak hanya menyampaikan informasi dari pemerintah kepada masyarakat, tetapi juga menyampaikan aspirasi, kebutuhan, dan permasalahan masyarakat kepada pemerintah.

" Saya berharap melalui kegiatan ini, kita semua dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi dalam mengelola informasi, sehingga KIG dapat menjalankan perannya dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, sinergi antara KIG dengan berbagai pihak, baik itu pemerintah, media, maupun masyarakat luas, perlu terus ditingkatkan," kata Agus Halim.

Dalam kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan kegiatan ini, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua.

Hal senada juga dikatakan oleh ketua panitia kegiatan Mustakim, bahwa PPID gampong merupakan sebuah lembaga atau unit di tingkat gampong yang bertanggung jawab untuk mengelola informasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan pemerintahan dan pelayanan publik di desa tersebut.

Dengan adanya PPID Gampong, diharapkan tata kelola pemerintahan di tingkat desa menjadi lebih baik, transparan, dan akuntabel, serta masyarakat mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi yang dibutuhkan untuk mendukung partisipasi aktif dalam pembangunan desa. 

Dia juga mengatakan pihaknya sukses membina Gampong Kuta Barat hingga berhasil meraih juara ketiga tingkat nasional dalam rangka kegiatan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 di istana Wakil Presiden.

" Belajar dari pengalaman tahun lalu, kami berkomitmen utuk menciptakan KIG yang lebih baik lagi dalam mengelola informasi gampong serta kembali dapat bersaing pada kanca nasional," jelas Mustakim.(PIM)

0 Komentar