Sabang Miliki Potensi Besar Memajukan Ekonomi Kreatif - Aceh Global News

Header Ads

Sabang Miliki Potensi Besar Memajukan Ekonomi Kreatif

Foto | Pj Ketua TP-PKK Kota Sabang Kamelia Nasri mengenalkan hasil UMKM sabang di PKA Aceh 2023

PENJABAT Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengajak para pelaku ekonomi kreatif Kota Sabang agar dapat terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. 

Hal tersebut dikerenakan Kota Sabang memiliki potensi besar pada sektor Ekonomi Kreatif yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. 

Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. 

Pada prinsipnya pemerintah daerah sangat mendukung dan terus mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam mengeksplorasi serta mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual tinggi.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi saat berada di Kawasan wisata Sabang Fair dalam kunjungan stan UMKM lokal

Artinya, mendorong penguatan  ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kota Sabang dengan mengikuti rangkaian dan tahapan untuk meningkatkan perekonomian. Sehingga subsektor UMKM menjadi  unggulan dapat lebih terfokus dan terarah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor  ekonomi strategis.

"Saya sangat berharap para pelaku usaha ekonomi kreatif di Kota Sabang dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki. Sehingga nantinya dapat bersaing dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat sekaligus juga meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan," harap Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Menurutnya, ini semua dapat berajalan sesuai rencana bila didasari dengan aksi tegas dan gerak cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata.

Kecuali itu katanya, paya pemerintah daerah dalam meningkatkan ekonomi kreatif bisa dilakukan dengan mengadakan berbagai  pelatihan terkait upaya dalam memajukan para pelaku UMKM. 

Foto | Turis asing saat menikmati kopi Sabang yang disajikan oleh pelaku UMKM

Tujuannya adalah untuk memberi bekal berupa pemahaman dan pendidikan tentang ekonomi kreatif. Sehingga, para pelaku usaha dapat mengembangkan ide mereka dengan benar dan lebih terarah.

Beberapa bentuk pelatihan dan juga dukungan yang dilakukan pemerintah sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif antara lain adalah peningkatan penggunaan teknologi melalui program kemitraan. Dimana program tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi.

Mengadakan pekan produk kreatif indonesia dan pekan produk kreatif Indonesia terdiri dari tiga kegiatan, yaitu pameran, konvensi, dan gelar seni.

"Dan ini termasuk juga nantinya kita akan mengadakan festival ekonomi kreatif. Bila perlu nantinya kita akan melibatkan secara langsung  Kementerian perdagangan bertindak dalam upaya meningkatkan citra dan identitas bangsa Indonesia," ujarnya.

Foto | Reza Fahlevi mengenalkan jajanan khas Sabang hasil dari kreatifitas UMKM

Pelatihan peningkatan jangkauan dan efektivitas pemasaran biasanya dilakukan melalui promosi atau pemasaran. Berdasarkan riset ekonomi kreatif  bahwa, semua upaya ini bertujuan untuk menciptakan inovasi dalam pengembangan ekonomi kreatif.

Dengan mengadakan pelatihan ekonomi kreatif, maka pelaku usaha akan mampu meningkatkan ekonomi kreatif di Indonesia. Selanjutnya upaya meningkatkan ekonomi kreatif dapat dilakukan adalah dengan membuat hasil produk. 

"Jadi itu semua bisa kital lakukan berupa grafik, desain, dan lainnya. Jika seorang pelaku usaha dapat membuat produk yang menarik, maka otomatis akan ikut meningkatkan ekonomi kreatif.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi saat memaparkan peran UMKM terhadap pembangunan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan pemerintah sebagai bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif dan perlu diketahui  ekonomi kreatif itu sebenarnya memiliki pangsa pasar yang terus berkembang. 

Jadi karena itulah, saya sangat sependapat bahwa inovasi dan pengetahuan harus seiring dengan pengembangan ekonomi kreatif.

Agar nantinya dapat berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas di Kota Sabang," demikian ungkap Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.(ADV)


Tidak ada komentar