Kemenparekraf Kembali Masukan Sabang Marine Festival KEN 2024 - Aceh Global News

Header Ads

Kemenparekraf Kembali Masukan Sabang Marine Festival KEN 2024

 

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi bersama Ketua TP PKK Kota Sabang Kamelia Nasri menghadiri peluncuran Kharisma Event Nusantara 2024.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi  terus melakukan berbagai upaya promosi event Sabang Marine Festival (SMF) 2024 yang rencananya akan dilaksanakan di bulan Februari ini.

Bahkan langkah persiapan jauh sebelumnya untuk menyambut Sabang Marine Festival juga telah dipersiapkan dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat yang ada di Kota Sabang.

Dan salah satu contohnya mempersiapkan paket wisata kepada para wisatawan yang akan ikut ambil bagian dalam event Sabang Marine Festival 2024 ini.

Apalagi diketahui SMF kembali berhasil masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dimana diketahui event kali ini mengusung tema Budaya Indonesia Panggung Dunia, KEN 2024 yang resmi diluncurkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, pada Sabtu, 27 Januari 2024 lalu.

"Alhamdulillah, patut kita syukuri bersama Sabang Marine Festival masuk kembali kelender tahunan Karisma Event Nusantara 2024 yang merupakan program Kemenparekraf RI.

Ini semua bertujuan untuk menghidupkan ekonomi dari sektor budaya dan pariwisata, dengan menghadirkan event-event berkualitas di daerah," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Foto | Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan sambutanya peluncuran Kharisma Event Nusantara 2024 

Berdasarkan pelaksanaan pada tahun sebelumnya Sabang Marine Festival 2023 mendapat apresiasi luar biasa dari semua pihak dan berjalan sukses menghidupkan kembali perekonomian rakyat lewat pemberdayaan sektor UMKM.

Dan berdasarkan evaluasi pelaksanaan pada tahun sebelumnya untuk penyelenggaraan Sabang Marine Festival 2024 akan dikemas lebih baik lagi, baik itu dari program acara, festival kegiatan rakyat dengan melibatkan para pelaku wisata serta UMKM hingga pelaksanaan pada puncak kegiatan Sabang Marine.

"Pada prinsipnya kita akan terus berbenah dan mempersiapakan diri dengan melibatkan semua pihak khususnya para pelaku wisata, pelaku seni dan pelaku UMKM.

Sehingga kehadiran event Sabang Marine Festival 2024 ini nanti memberi dampak buat promosi Sabang serta yang paling penting dapat meningkatkan ekonomi masyarakat pada semua bidang," sebutnya. 

Sepeti diketahui hadirnya Sabang Marine Festival awalnya terbentuk tahun 2015 atas gagasan dari Badan Pengusahaan Kawasan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) berkolaborasi dengan Pemko Sabang dan kini didukung Disbudpar Aceh serta Kemantrian Pariwisata RI.  

Sehingga seiring perjalanan waktu event Sabang Marine Festival telah banyak menarik para wisatawan khususnya Yachter dari berbagai manca negara yang ikut ambil bagian lomba kapal yacht.

Sabang Marine Festival memiliki potensi cukup besar untuk menjadi event unggulan yang mendatangkan wisman dikarenakan Sabang merupakan salah satu pintu masuk dan persinggahan cruise dan yacht dari mancanegara.

Foto | Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didampingi Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi  saat diwawancarai awak media usai peluncuran Kharisma Event Nusantara 2024 

Tercatat hasil perhitungan jumlah pengunjung Sabang Marine Festival tahun 2023 lalu mencapai 15.804 orang selama 3 hari pelaksanaan. 

Padahal event SMF tersebut melibatkan 20 UMKM yang menampilkan produk lokal khas Sabang dengan estimasi nilai transaksi sebesar Rp 95.079.000,-

Estimasi perputaran ekonomi pada pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023 mencapai Rp 1.844.500.000.

Namun beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dalam penyelenggaran Sabang Marine Festival dengan mempertimbangkan antusiasme dan jumlah pengunjung yang cukup banyak, maka untuk  SMF 2024 akan lebih dikondisikan dan akan dikemas lebih baik lagi. 

Dan konsep yang akan diambil  memanfaatkan ruang terbuka dengan menjunjung tinggi rasa nyaman sehingga akan lebih terlihat menarik.

"Namun sebagai catatan terpenting adalah, pelaksanaan Sabang Marine Festival 2024 harus bisa memberikan dampak positif pada perekonomian masyarakat terutama bagi pelaku UMKM," ujarnya.

Sementara itu Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam sambutanya saat peluncuran Kharisma Event Nusantara 2024 menyebutkan, pada tahun 2023 terjadi pencapaian sangat luar biasa, terhitung dari bulan Januari s/d November 2023 kunjungan wisman terjadi peningkatan 110,86 persen atau 10,41 juta kunjungan wisman dan kunjungan wisatawan nusantara sudah mencapai 11,99 persen atau 749,11 juta kunjungan. 

Kebangkitan ini juga dirasakan oleh 17 subsektor ekonomi kreatif termasuk festival budaya pada subsektor seni pertunjukan dan keberhasilan 106 event pada KEN 2023, mampu maningkatkan total produksi barang dan jasa di Indonesia sebesar Rp. 212, 2 miliar, PDB Indonesia bertambah 198,7 miliar, 7,36 juta kunjungan masyarakat, perputaran uang Rp. 12,38 triliun, terbukanya lapangan kerja untuk 11.399 ribu UMKM, 36.500 pekerja, 142.700 pelaku seni, serta asosiasi dan komunitas mencapai 839.

"Jadi pada KEN 2024 ini, kita menargetkan terbukanya 4.4 juta lapangan kerja baru, kita juga mengejar bagaimana melakukan promosi melalui media digital, dan kita bisa menghadirkan KEN 2024 yang lebih memperkuat jejaring dan ekosistem event," tutupnya.(ADV)

Tidak ada komentar