Peringati HSP ke-95 Momentum Semangat Membangun Daerah - Aceh Global News

Header Ads

Peringati HSP ke-95 Momentum Semangat Membangun Daerah

Foto | Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -93 di lapangan Yos Sudarso, Lanal Sabang

PEJABAT  Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengajak seluruh pemuda Kota Sabang bersatu untuk terus  berkontribusi dalam membangun daerah dengan membangkitkan semangat kolaborasi untuk kemajuan Kota Sabang.   

Sungguh peran pemuda sebagai penentu masa depan. Oleh karena itulah jika ingin menjadi penentu yang sukses, pemuda harus memiliki kemampuan dan daya saing dalam menghadapi tantangan.

"Melalui semangat kebersamaan serta berkolaborasi bersama, daerah pasti akan maju dan berkembang. Berangkat dari sini lah pemuda harus memiliki semangat yang tinggi, inovasi, ide-ide, dan selalu berkerja keras dalam mencapai kesuksesan. Sehingga dengan semangat tersebut diharapkan pemuda akan membawa perubahan untuk kemajuan daerah,” ujarnya.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menjadi inspektur upacara di peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -93 di lapangan Yos Sudarso, Lanal Sabang

Selain itu katanya, melalui peringatan Hari Sumpah Pemuda ke - 95, para pemuda harus bisa menjadikan peringatan ini sebagai motivasi dalam membangkitkan semangat nasionalisme untuk terus berkarya. 

Pada prinsipnya pemerintah akan turut mendukung dan bersinergi bersama pemuda demi kemajuan daerah. 

"Karena kita tahu pemuda merupakan salah satu motor atau penggerak motivasi dan ke depan merekalah yang akan menjadi pemimpin daerah maupun bangsa. Kita dari pemerintah daerah selalu  mengakomodir apa keinginan pemuda agar bisa bangkit bersama dan ikut berperan membangun daerah,” terangnya.

Seperti diketahui besama sumpah pemuda berisi tiga ikrar persatuan yang menyatakan sikap mengaku bertumpah darah satu, mengaku berbangsa yang satu, dan menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia. 

Foto | Para pemuda dan pemudi Kota Sabang mengenakan pakaian adat saat mengikuti peringatan Hari Sumpah Pemuda

Nilai-nilai sumpah pemuda tersebut tidak sekedar tentang persatuan saja namun juga tentang semangat  dalam membawa perubahan.

"Dan ini seperti pernyataan presiden pertama kita Bung Karno yang menyatakan “Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” arti dari kalimat ini sebenarnya merupakan penegasan bahwa pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus berperan membawa perubahan. 

Dimana pernyataan kalimat itu juga  keberhasilan suatu bangsa bergantung pada kualitas dan visi yang besar dari para pemuda sebagai pemegang estafet generasi yang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang," ujarnya.

"Harapan saya, pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus tetap semangat dalam membawa dampak perubahan buat daerah. Para pemuda harus sadar atas tanggung jawab estafet yang akan dipegang sebagai pemimpin di masa yang akan mendatang. 

Sehingga perjuangan para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan yang sudah dirasakan sekarang ini dapat dijadikan motivasi mengharumkan nama bangsa dan negara," terangnya.

Menurutnya, sesuai amanah Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2023 yang mengusung tema "Bersama Majukan Indonesia", harus bisa membentuk barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya. 

Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia. Pemuda harus mampu menghadapi situasi saat ini yang sangat kompetitif. Ada nilai-nilai yang harus ditanamkan, kegotongroyongan, semangat kolaborasi dan juga harus melek teknologi. 

"Jadi jangan sampai ada ketidakmampuan kita untuk beradaptasi dengan situasi yang serba cepat," jelasnya.

Foto | Para pelajar di berbagai sekolah menengah atas di Kota Sabang mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke -93 tahun 2023

Lebih lanjut dikatakan Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, selaku generasi penerus, pemuda harus mampu mengimplementasikan semangat yang terkandung pada peringatan Sumpah Pemuda yang ke-95 ini dengan baik, sesuai dengan bidang dan tugasnya masing-masing.

Para pemuda  jangan  hanya bisa mengritik,  tetapi harus bisa menyampaikan solusi untuk permasalahan yang ada, sikap kritis  sangat baik, tetapi disampaikan dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Pemuda  harus bisa berperan aktif dalam membantu  membangun  daerah dan bangsa ini, banyak hal positif yang dapat dilakukan seperti menghasilkan karya-karya yang dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Salah satunya adalah peran aktif di lingkungan masyarakat, tentunya akan menjadi teladan yang baik bagi masyarakat dan hal lainnya yang bersifat produktif.

Oleh karenanya, sebagai generasi penerus bangsa para pemuda yang ada di Kota Sabang perlu terus pro aktif dalam pembangunan berkelanjutan, agar kelak kebijakan diambil dapat lebih bermanfaat kepada masyarakat.

"Intinya, peran pemuda sekarang semakin diandalkan di era digital saat ini. Terlebih dengan kemajuan dan kecanggihan teknologi yang terus berkembang. Sehingga isu pembangunan berkelanjutan sangat diharapkan semua daerah serta menjadi harapan masyarakat untuk hidup makmur dan maju,” tutupnya.(adv)

Tidak ada komentar