Ini Pesan Reza Fahlevi kepada Sekda yang baru

 


Sabang.AGN
– Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, Sekretaris Daerah (Sekda) sebagai pimpinan eksekutif tertinggi, harus menjalankan peran strategis Pemerintahan Daerah serta membantu kepala daerah dalam mewujudkan visi dan misinya.

Hal tersebut dikatakan usai pelaksanaan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sekretaris Daerah Kota kepada Andri Nourman di Aula lantai 4 Kantor Wali Kota Sabang, Senin (16/10/2023).

Beberapa hal disampaikan oleh Pj Wali Kota Sabang kepada Sekda yang baru saja dilantik yaitu,

1.      Sekda harus mampu mensinergikan kebijakan daerah, melalui program-program nyata bagi masyarakat.

2.   Melaksanakan tata kelola pemerintahan, organisasi, dan tata laksana serta memberikan pelayanan administratif pada seluruh perangkat daerah.

3.    Mensinkronisasikan rumusan kebijakan pemerintah daerah, aparatur keuangan, dan prasarana pemerintah daerah.

4.    Sekretaris Daerah sebagai ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) memiliki tugas dan tanggung jawab yang sangat penting dalam proses penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD). mengkoordinasikan tim yang dibentuk oleh kepala daerah untuk membantu dalam penyusunan APBD.

Foto | Penandatanganan berita acara sumpah jabatan Sekretaris Daerah Kota Sabang

5.    Sekda sebagai ketua TAPD memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan bahwa APBD disusun secara transparan, akuntabel, dan tepat sasaran. sekda harus mampu mengkoordinasikan seluruh anggota TAPD untuk bekerja sama dalam menyusun APBD yang berkualitas.

6.    Sekretaris Daerah selaku ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) agar berperan aktif serta terus melakukan berbagai upaya khususnya penguatan koordinasi tingkat Kabupaten/Kota sampai tingkat desa, pengawalan terkait pelaksanaan intervensi yang dilakukan oleh setiap kepala OPD, sampai progress capaian setiap indikator penurunan angka stunting.

7.  Sekretaris Daerah sebagai ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) agar segera mengkoordinasikan, merumuskan kebijakan dan mengintegrasikan program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan terfokus pada upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di kota sabang, melakukan pendataan program/kegiatan percepatan penghapusan kemiskinan yang tersebar di lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) beserta alokasi anggarannya dan jumlah sasaran penerima manfaat, sehingga mudah-mudahan target penghapusan kemiskinan ekstrem nasional hingga mendekati nol persen pada tahun 2024 dapat terwujud.

8.   Sebagai ketua tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Sekretaris Daerah diharapkan dapat menjaga koordinasi dan komunikasi, membuat kebijakan pengendalian inflasi yang berdampak pada keterjangkauan harga, ketersediaan pasokan, kelancaran distribusi, dan tak kalah penting penguatan sinergi komunikasi ke masyarakat, sehingga upaya untuk menekan angka inflasi di Kota Sabang bisa lebih dimaksimalkan.

9.  Sekretaris Daerah sebagai pengelola barang milik daerah agar berkoordinasi dengan satuan kerja dalam upaya pemanfaatan aset, melakukan pemetaan terhadap proses pengelolaan aset di Kota Sabang agar dapat berjalan secara optimal, sehingga akan memberi kontribusi bagi pendapatan daerah.

10.  Sekretaris Daerah berperan sebagai Pejabat Yang Berwenang (PYB) dalam membantu kepala daerah selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pada aspek manajemen kepegawaian, agar menuntaskan masalah sumber daya manusia, penyelesaian thl dan juga penempatan SDM ASN di lingkungan Pemerintah Kota Sabang, melaksanakan pembinaan kepada para Pejabat Eselon 2, 3, dan 4 sehingga dalam melaksanakan tugas dapat tepat sasaran dan berdaya guna.

11.  Melakukan percepatan pelaksanaan APBD mengingat tahun anggaran 2023 hanya tersisa 2 bulan.

12.  Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan daerah.

“ Disamping beberapa hal yang saya sampaikan tadi, saya juga berharap sekretaris daerah yang baru dapat terus meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan - pekerjaan yang ada di perangkat daerah, tentunya dengan berkoordinasi bersama para asisten,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, Sekretaris Daerah Kota Sabang yang definitif harus dapat menghasilkan inovasi yang memberikan dampak besar dalam organisasi, terutama sebentar lagi kita akan memasuki tahun anggaran baru, yaitu tahun anggaran 2024.

Reza Fahlevi juga berharap kepada seluruh pejabat esselon II, III dan IV serta seluruh jajaran staf dilingkungan Pemerintah Kota Sabang agar bisa lebih meningkatkan semangat dan etos kerja.

“ Sekali lagi kami sampaikan selamat bekerja kepada sekda yang baru, semoga mampu menjadi pilar dalam mempersatukan, merekonsiliasi segala pemikiran-pemikiran Aparatur Pemerintah Daerah Kota Sabang,” tutupnya.(Redaksi)

0 Komentar