Pengabdian Masyarakat Skema Bottom Up LPPM ITB 2023 di Kota Sabang

 

Foto | Foto bersama antara Pemerintah Kota Sabang, Tim pengabdian masyarakat, dan pengurus Mesjid Agung Babussalam Sabang 

Sabang.AGN - Tim pengabdian masyarakat dari Institut Teknologi Bandung yang diketuai oleh Dr Qoriah MA telah melaksanakan kegiatan instalasi mesin Reverse Osmosis pada bulan Mei 2023 silam di Masjid Babussalam Kota Sabang.

Wujud dari pengabdian masyarakat itu berupa Teknologi Reverse Osmosis dan Solar Cell.

Wali Kota Sabang, diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Sabang Rinaldi mengucapkan atas nama Pemerintah Daerah beserta jajaran mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tulus kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari ITB yang telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Kota Sabang.

Teknologi Reverse Osmosis dan Solar Cell ini sendiri telah diserahkan kepada Pemerintah Kota Sabang dan ditempatkan di Mesjid Agung Babussalam Kota Sabang.

“ Tentu kami berharap dengan adanya teknologi ini dapat mendongkrak kualitas wisata khusus nya wisata halal di Kota Sabang,” terang Rinaldi, Selasa (08/08/2023).

Dia juga berharap kerjasama yang baik ini dapat terus terjalin dengan baik kedepan dalam sektor pariwisata dan lainnya.

Ketua Tim pengabdian masyarakat dari ITB Dr Qoriah MA mengatakan, ini adalah yang pertama dilakukan oleh pihaknya di Kota Sabang.

Pengabdian masyarakat skema Bottom Up Lppm ITB 2023 dengan judul “aplikasi teknologi reverse osmosis sebagai implementasi green mosque guna peningkatan kualitas wisata halal di pulau weh”.

“ Kami berharap dengan Instalasi alat ini dapat membantu Pariwisata Sabang, Keunikan lain dari instalasi alat ini adalah sifatnya yang ramah lingkungan dimana sumber energinya berasal dari energi bersih tenaga panas matahari melalui rangkaian Pembangkit Listrik Tenaga Surya,” jelasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Provinsi Aceh menjadi satu dari tiga provinsi role model wisata halal Indonesia sesuai statement dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bukan tidak mungkin ITB kedepannya akan kembali lagi ke Kota Sabang.(Redaksi)

0 Komentar