Tema HUT Kota Sabang Ke-58 "Semangat Kolaborasi Membangun Negeri"

 

Foto | Ribuan masyarakat Sabang mengikuti jalan santai bersama Forkopimda Kota Sabang rangkaian dari peringatan HUT Kota Sabang ke-58

PEJABAT Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengajak seluruh elemen masyarakat Sabang untuk berkomitmen melangkah menuju tujuan yang sama menjadikan Sabang  maju dan sejahtera.

Dengan menyatukan perbedaan persepsi serta memiliki kemauan bersama untuk berproses dan saling memberikan manfaat demi tujuan yang satu, maka sudah saatnya semua lebih meningkatkan akselerasi memajukan Sabang.

Pada peringatan HUT Kota Sabang ke-58 kali ini mengambil tema adalah “Semangat Kolaborasi Membangun Negeri”.

Foto | Antusias ribuan masyarakat Sabang ikut meramaikan jalan santai pada peringatan HUT Kota Sabang ke-58

Sejalan dengan tema tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran membangun dan memajukan Kota Sabang diberbagai sektor pembangunan yang tujuannya adalah mensejahterakan masyarakat secara menyeluruh. 

Pemerintah Kota Sabang lahir atau dibentuk dengan Undang-undang Nomor 10 Tahun 1965, tentang pembentukan Kota Praja Sabang, dimana kini 24 Juni 2023, Kota Sabang tepat berusia 58 tahun.

Artinya,  patut untuk disyukuri bersama sudah lima puluh delapan tahun perjalanan yang telah dilalui, rentang panjang perjalanan penuh dengan romantika dan dinamika sejarah. 

Dimana sebuah kota kecil yang letaknya paling ujung luar pulau sumatera, Sabang telah menjelma menjadi kota pariwisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi bersama para juara pada malam penobatan Putra Putri Pariwisata Kota Sabang Tahun 2023

Semua optimis bahwa Kota Sabang menjadi kota yang kondusif, nyaman, dan terus bangkit dalam mencapai cita-cita menjadi kota yang maju. 

Sabang sebagai kota wisata harus terus bangkit semangat kebersamaan dan terus berkarya agar upaya pemerintah dalam meningkatan kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud.

Untuk itulah, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi kembali mengingatkan dan menghimbau kepada seluruh dinas/badan, instansi dan semua pihak, untuk terus bekerjasama dan dukungannya dalam mengembangkan serta mengimplentasikan program pembangunan Kota Sabang agar dapat lebih maju ke depannya.

"Jadi perlu saya sampaikan bahwa berkat Ridha Allah SWT, pariwisata dan ekonomi Kota Sabang kini sudah berdenyut kembali dan menuju trend yang positif.

Itu bisa kita lihat dari beberapa waktu belakangan ini, kunjungan wisatawan ke Sabang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Tercatat pada tahun 2022 ada 254.048 wisatawan nasional maupun mancanegara yang berkunjung ke Kota Sabang untuk menikmati beragam objek wisata, baik wisata bahari maupun wisata sejarah (heritage)," sebutnya.

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi menghadiri lomba mewarnai dan mengambar anak sekolah fasar dalam rangka memperingati HUT Kota Sabang ke-58

Jumlah ini tentunya akan terus meningkat sehingga dapat diharapkan mampu mendongkrak citra positif pariwisata Aceh secara umum.

"Jadi perlu saya sampaikan bahwa diperingatan Hari Ulang Tahun Kota Sabang ke-58 tahun 2023 ini, atas dukungan semua pihak baik pemerintah pusat, pemerintah Aceh, Legislatif, Forkopimda Sabang, para Kepala OPD dan seluruh stake holder.

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu Pemerintah Kota Sabang kembali meraih beberapa capaian baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah," ujarnya.

Disebutkan, sejumlah pencapaian yang berhasil diraih diantaranya, Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk ke sebelas kalinya secara berturut-turut yang disampaikan oleh Kepala BPK RI  Perwakilan Aceh di Banda Aceh beberapa bulan lalu.

Anugerah Merdeka Belajar Tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan Kebudayan Riset dan Teknologi atas pencapaian sebagai pemerintah daerah transformatif tingkat kabupaten/kota non 3T dalam kategori transformasi SDM pendidikan.

Foto | Antusias para peserta lomba mewarnai dan mengambar diikuti ratusan peserta anak sekolah dasar

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Kementerian Kesehatan RI sebagai bentuk nyata komitmen pemerintah daerah dalam mendorong program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat.

Selanjutnya, penghargaan kabupaten/kota (KATA) Kreatif Tahun 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Penghargaan ini menjadi bentuk upaya kita bersama meningkatkan lapangan kerja atau usaha masyarakat di bidang ekraf dan pariwisata," katanya.

Lebih lanjut disebutkan Reza Fahlevi juga menerima penghargaan  Pembentukan Produk Hukum Daerah Terbaik Tahun 2022 dari Kemenkumham.

Penghargaan Baznas Award 2023, kategori wali kota pendukung utama pengelolaan zakat dan terpilihnya desa wisata Iboih dan desa wisata Aneuk Laot dalam jajaran 75 besar desa wisata terbaik dalam anugerah desa wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Penghargaan bukanlah tujuan, melainkan dampak dari hasil positif yang kita capai bersama dalam memajukan Kota Sabang yang kita cintai ini. 

Ini bukan momen untuk merayakan, melainkan mencatat beragam pembelajaran. Namun yang utama dari ini semua adalah kolaborasi dari kita semua pihak,  ke depan kita juga masih harus terus fokus pada beberapa tantangan yakni, masalah kemiskinan, kesehatan, stunting, penanganan inflasi dan reformasi birokrasi," terangnya.

"Oleh karenanya mari bersama kita membangun Kota Sabang, warna warni Kota Sabang akan terus kita rawat dengan membuka akses bagi sebanyak mungkin pihak untuk berkolaborasi.

Yang terakhir saya mengharapkan partisipasi dari seluruh lapisan masyarakat Kota Sabang untuk bersama-sama kita jaga kenyamanan dalam mewujudkan pembangunan dan kemajuan Kota Sabang ke arah yang lebih baik lagi," ajaknya.(ADV)

0 Komentar