Kodim 0112 Sabang Bersama Pemko Sabang dan Forkopimda lainnya Laksanakan Pelatihan Kebencanaan

 

Foto | Plt Sekdako Sabang Andri Nourman didamping Dandim 0112 Sabang Letkol Inf Ahmad Sobirin saat mengunjungi lokasi pelatihan di lapangan Yos sudarso Sabang 

Sabang.AGN – Komando Distrik Militer (Kodim) 0112 Sabang laksanakan Upacara gelar pasukan latihan penanggulangan bencana alam secara terintegrasi dan bersinergi dengan unsur Muspida Kota Sabang serta komponen bangsa lainnya.

Kegiatan upacara yang dipusatkan di Lapangan Yos Sudarso Sabang, Pj Wali Kota Sabang yang diwakili Plt Sekda Kota Sabang Andri Nourman sebagai Inspektur upacara, Senin (05/06/2023).

Dalam amanat yang dibacakan oleh Plt Sekda Kota Sabang Andri Nourman, mengatakan, kegiatan ini akan menjadi langkah awal untuk menyamakan persepsi dalam penanggulangan bencana ditingkat daerah.

Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian sinergitas bersama antara Pemerintah Kota Sabang bersama Kodim 0112 Sabang, sehingga menjadi forum koordinasi pelaksanaan tugas bersama Forkopimda serta masyarakat lainnya.

Bahwa sebelumnya juga telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)Penanggulangan Bencana (PB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI yang diikuti Bupati dan Wali Kota se Indonesia.

“ Edukasi dan pelatuhan bagi masyarakat untuk mengantisipasi potensi masyarakat harus dilakukan, sebagai Negara yang dilalui dua lempeng aktif dan berada pada zona Khatulistiwa beriklim tropis membuat Indonesia memiliki tingkat potensi bencana yang tinggi,” kata Andri Nourman.

Lebih lanjut dikatakan, Kota Sabang adalah daerah yang terdiri dari pantai, pegunungan dan perbukitan merupakan daerah rawan bencana seperti tanah longsor, gempa bumi, kebakaran dan banjir.

Maka simulasi pelatihan kebencanaan untuk selalu waspada dan cara penanganan sangat menjadi sangat penting untuk dilaksanakan secara bersama – sama.

“ Melalui kegiatan ini kami sangat berharap agar para peserta dapat mengikuti dan menjalankan sesuai yang telah dijalankan agar kondisi riil dilapangan dapat kita hadapi apabila terjadi sesuatu hal kebencaan di daerah kita,” ucapnya lagi.(Redaksi)

0 Komentar