Reza Fahlevi : Aset Pemko Sabang harus dikelola dengan baik dan bertanggungjawab

Foto | Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi didampingi Kadis PUPR dan Kabid Aset Pemko Sabang

Sabang.AGNPj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, aset milik Pemerintah Kota Sabang harus bisa dikelola dengan baik dan bertanggung jawab.

Hal tersebut dimaksudkan agar semua aset tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik khususnya aset yang telah lama terbengkalai.

Selain fokus membenahi pariwisata, mengentaskan kemiskinan, menanggulangi inflasi dan stunting, Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi juga akan fokus pada pengelolaan aset milik Pemerintah Kota Sabang sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD)

" Aset-aset daerah ini akan mampu meningkatkan PAD kalau bisa dikelola dengan baik dan bertanggung jawab, karena bisa menguatkan sektor pariwisata yang sudah berjalan, sekaligus mensejahterakan masyarakat. Untuk itu para pengelola dan yang diberi izin harus bertanggung jawab terhadap aset tersebut sehingga dampak positif dapat kita rasakan bersama" kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi, Rabu (4/5/2023).

Diketahui sebelumnya, pada Selasa dan Rabu Pj Wali Kota Sabang telah melakukan pengecekan aset di stan-stan di kawasan Sabang Fair dan Hotel Sabang Hill milik Pemko Sabang serta telah meninjau tanah milik Pemerintah Kota Sabang yang berlokasi di kawasan Sabang Fair dan gampong Cot Ba'u. 

"Kita sudah melakukan peninjauan ke beberapa aset, berupa bangunan dan tanah milik Pemko Sabang. Fokus kita untuk mengelola aset yang sudah lama terbengkalai, agar dapat difungsikan kembali, sehingga akan mendorong mutu pariwisata Sabang ke depannya," jelas Reza.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai event baik tingkat provinsi maupun nasional bisa dilaksanakan di area Sabang Fair dan Sabang Hill, yang mana sangat menjual dari sisi view pemandangannya. 

"Ini merupakan aset yang tidak semua daerah miliki dan harus kita jaga dan kembangkan," ujar Pj Wali Kota Sabang.

Sejauh ini, Pemerintah Kota Sabang melalui bagian aset BPKD Kota Sabang, telah melakukan sejumlah upaya dalam mengoptimalkan pengelolaan aset-aset daerah, yang telah mampu meningkatkan PAD.

Upaya tersebut seperti melakukan pemindah tanganan barang milik daerah melalui lelang, inventarisasi aset sertifikat tanah setiap tahunnya, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penyewaan aset daerah untuk komersil, dan sebagainya.

"Upaya ini tentunya mampu meningkatkan PAD Kota Sabang. Terkait pengelolan aset, kami juga bekerjasama dengan berbagai stakeholder, agar pemanfaatannya dapat berjalan optimal. Semoga ke depan aset-aset daerah bisa kita jaga dan manfaatkan dengan baik, sebagaimana peruntukannya," harap Pj Wali Kota Sabang.(Redaksi)

0 Komentar