Event Sabang Marine Festival 2023 Sukses - Aceh Global News

Header Ads

Event Sabang Marine Festival 2023 Sukses

 

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi memperlihatkan produk UMKM yang ikut meramaikan event Sabang Marine Festival 2023

SABANG Marine Festival (SMF) 2023 merupakan sebuah event festival bahari yang berlangsung meriah, lancar dan terlaksana sukses.

Event yang sudah diselenggarakan sejak 2015 ini, awalnya dimaksudkan untuk menyambut para yachter yang melintasi perairan Sabang. 

Namun berbeda pada tahun ini Sabang Marine Festival dilaksanakan untuk pertama kalinya dengan konsep pesta rakyat sehingga keterlibatan dan antusiasme masyarakat terlihat sangat besar untuk hadir dan memeriahkan event ini.

Dalam hal aksesilibitas, lokasi penyelenggaraan Sabang Marine Festival mudah dijangkau karena berada di pusat Kota Sabang, sehingga menarik masyarakat luas untuk hadir pada event tersebut.

Upaya untuk mengangkat kearifan budaya lokal pada event Sabang Marine Festival sudah cukup baik. Hal ini terlihat mulai dari penggunaan kostum khas Aceh untuk para penampil seni, atraksi yang mengangkat sejarah dan kearifan lokal, penampilan tari dan musik tradisi, serta dekorasi stand UMKM yang memanfaatkan material lokal yaitu bilik bambu, kayu dan daun kelapa.

Koordinasi dengan panitia serta stakeholder terkait berjalan dengan lancar baik sejak persiapan sampai dengan pelaksanaan event.

Pemilihan venue mengambil lokasi Menara Merah Putih yang juga merupakan landmark kota dengan view pemandangan laut dan tanpa membangun panggung menjadikan event ini cukup berhasil mengangkat kekhasan dan keindahan Kota Sabang sekaligus menjadikan event berkesan ramah serta tidak berjarak antara penampil dengan penonton.

Promosi dan publikasi Sabang Marine Festival sudah dilakukan dengan baik antara lain dengan membuat media sosial event dan promosi media luar ruang seperti pemasangan baliho mulai di area bandara serta di beberapa titik strategis baik di Kota Banda Aceh dan Sabang.

Sabang Marine Festival memiliki potensi cukup besar untuk menjadi event unggulan yang mendatangkan wisman dikarenakan Sabang merupakan salah satu pintu masuk dan persinggahan cruise dan yacht dari mancanegara.

Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah pengunjung Sabang Marine Festival mencapai 15.804 orang selama 3 hari pelaksanaan. Melibatkan 20 UMKM yang menampilkan produk lokal khas Sabang dengan estimasi nilai transaksi sebesar Rp 95.079.000,-

Estimasi perputaran ekonomi pada pelaksanaan Sabang Marine Festival 2023 mencapai Rp 1.844.500.000,-

Beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan dalam penyelenggaran Sabang Marine Festival dengan mempertimbangkan antusiasme dan jumlah pengunjung yang cukup banyak, maka untuk ke depannya lagi pengaturan area parkir kendaraan dan kelancaran lalu lintas disekitar area event dapat lebih terkondisikan.

Pemilihan konsep ‘open air’ memanfaatkan ruang terbuka tanpa menggunakan tenda untuk para tamu undangan menarik dan berhasil, namun ke depannya perlu diantisipasi juga kondisi seperti panas/silau untuk posisi tertentu. 

Antusias warga Sabang bersama wisatawan ikut menyaksikan perlombaan tangkap gurita

Namun sebagai catatan terpenting adalah, hadirnya Sabang Marine Festival 2023 kali ini sangat memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat terutama bagi pelaku UMKM.

Sebagaimana yang sampaikan Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi bahwa event bahari terbesar di Aceh ini menjadi wadah kreatifitas seni dan hiburan bagi masyarakat Sabang serta wisatawan luar.

Dari sisi UMKM memberikan dampak penjualan yang signifikan bagi pelaku usaha, dimana selama dua hari angka penjualan produk UMKM mencapai Rp 50 juta.

Dan itu hanya beberapa stand UMKM saja, belum lagi dihitung dengan pedagang kaki lima, warung kopi, rental mobil, akomodasi dan lain sebagainya. 

"Saya lihat event ini selain sukses untuk meningkatkan, mempromosikan pariwisata Sabang juga memberi dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, tidak salah jika event kegiatan seperti ini harus menjadi program tahunan. Sebab, event itu menjadi salah satu media strategis dalam mendorong percepatan pengembangan pariwisata di suatu daerah.

Antusias wisatawan berbondong bondong mendatangi stand penjualan dari produk UMKM

Presiden Jokowi, kata Reza Fahlevi, dalam berbagai kesempatan selalu mendorong selalu tumbuhnya event-event ini. Bahkan orang nomor satu di Indonesia itu juga mendorong adanya penyederhanaan izin. 

“Artinya memberi perhatian yang besar termasuk event olahraga, musik, budaya, dan lain-lain yang memang selalu dihadiri oleh Presiden,” terangnya.

Disamping itu juga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga turut mendukung berbagai event yang dihelat di seluruh nusantara.

“Pak Sandi dari kebijakannya memang Kemenparekraf punya perhatian besar terhadap event. Buktinya ada Kedeputian yang membidangi setiap event yang akan dilaksanakan, sabagai contoh salah satunya adalah event palaksanaan Sabang Marine Festival 2023 ini,” ujarnya.

Tidak ada komentar