Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Pawai Budaya SMF 2023

 

Foto | Ribuan Masyarakat Saksikan Atraksi SMF 2023

Sabang.AGN - Ribuan warga Sabang dan wisatawan antusias menyaksikan pawai dan atraksi budaya dalam rangkaian seremoni pembukaan Sabang Marine Festival 2023, Jumat (17/3/2023).

Start pawai budaya dimulai dari depan Kantor Wali Kota Sabang dan finish di Menara Merah Putih. Masyarakat tumpah ruah melihat penampilan yang melibatkan 425 peserta tersebut.

Salah satu warga Sabang, Iki, menyambut baik event bahari terbesar di Aceh yang digelar tahun ini. Menurutnya, SMF 2023 juga dapat mendongkrat ekonomi masyarakat khususnya UMKM Sabang.

"Sangat senang, karena antusias masyarakat Sabang begitu ada acara ramai, kemudian bisa meningkatkan ekonomi UMKM masyarakat Sabang," kata Iki.


Iki menuturkan, adanya event SMF 2023 di Pulau Weh, maka bakal meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang. Sehingga pertumbuhan ekonomi Sabang meningkat.

"Jadi acara Sabang Marine Festival ini memang luarbiasa bagus, terus banyak manfaatnya juga. Kayaknya masyarakat Sabang memang butuh hiburan yang seperti ini. Apalagi dua tahun yang lalu kita juga belum ada event apa-apa disini," katanya.

Iki melihat, antusiasme masyarakat Sabang sangat terlihat dari kegiatan ini. Apalagi dua tahun yang lagi tidak ada event yang digelar karena adanya pandemi Covid-19.

Hal senada juga disampaikan Farah, warga Sabang ini mengungkapkan kemeriahan event Sabang Marine Festival kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Dimana, kata dia, pada tahun sebelumnya tidak ada pawai dan atraksi budaya hingga pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sabang.

"Kalau tahun-tahun yang tidak ada pameran UMKM lalu juga pawai budaya pun tidak ada. Sekarang lebih meriah," ujar Farah.

Farah menyebutkan, dari sekian banyak atraksi budaya yang ditampilkan, yang paling berkesan adanya pawai busana adat hingga penampilan pencak silat yang memukau pengunjung.

"Yang paling saya tunggu itu ya tarian kolosalnya. Sungguh luarbiasa acara hari ini, karena sudah lama juga kita nggak ada buat acara di Sabang. Jadi antusias warganya cukup meriah dan menarik," sebutnya.

Lebih lanjut, ia berharap, agar kedepannya Sabang Marine Festival dan event-event lainnya tetap ada di Sabang. Hal ini tentu untuk mempromosikan Sabang sebagai salah satu destinasi menarik di Indonesia.

"Supaya para wisatawan tahu tentang Sabang. Kemudian juga terus kembangkan wisata-wisata yang ada di Kota Sabang," pungkasnya.(Redaksi)

0 Komentar