Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia Sabang Marine Festival 2023

 

Foto : Dispudpar Aceh 



Sempat terhenti agenda tahunan ini karena pandemi covid-19 yang, kini Sabang Marine Festival akan digelar dengan konsep baru yang mengangkat tema “Gerbang Kekayaan Bahari Indonesia”.

Sabang Marine Festival akan digelar pada tanggal 17-19 Maret 2023 yang ditargetkan akan mendatangkan turis lokal hingga turis mancanegara sebanyak ke wilayah titik nol Indonesia tersebut. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal mengatakan, Sabang Marine Festival ini akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata untuk provinsi Aceh pada umumnya dan Kota Sabang pada khususnya, dengan menawarkan destinasi wisata bahari. 

“Kita menargetkan kira-kira 2500 wisatawan dari Banda Aceh datang ke Sabang. Kalau dari mancanegara khususnya dari Malaysia kira-kira saekitar 500 hingga 1000 orang wisatawan akan datang, itu sudah sangat bagus,” kata Almuniza, Senin (6/3/2023). 

Menurut Almuniza, pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah Kota Sabang untuk terus mempersiapkan event Sabang Marine Festival. 

“Kalau persiapanya sudah sekitar 75 persen, tinggal kita merampungkan beberapa infrastruktur dan berbagai persiapan lainya untuk menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya. 

Almuniza berharap, Sabang Marine Festival ini dapat memberikan dampak posistif bagi masyarakat Pulau Weh terutama pelaku ekonomi kreatif. 

“Targetnya para pelaku UMKM yang bergerak di sektor ekonomi kreatif, warga lokal di Sabang dapat memberikan manfaat positif dan mendongkrak ekonomi di sektor pariwisata untuk daerah ini,” kata Almuniza.  

Sabang Marine Festival akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya yang mengangkat tentang kearifan lokal masyarakat pesisir Aceh. Atraksi budaya yang akan dipersembahkan pada event wisata bertaraf internasional tersebut mengusung tentang Panglima Laot, karena tradisi adat panglima laot tersebut merupakan adat istiadat yang berasal dari Aceh sehingga dinilai sangat sesuai dengan konsep wisata bahari. Selain itu, Sabang Marine Festival yang akan digelar diKawasan Tugu Merah Putih dan sekitar Pelabuhan Teluk Sabang itu juga akan akan menawarkan kepada wisatawan keindahan bawah laut seperti Wisata diving, snorkling, dan wind surfing. 

Sabang Marine Festival 2023 akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Kota Sabang juga telah kembali menjadi destinasi kapal pesiar dan yachter.

Pada tahun 2020-2021 masa pandemi covid-19, kunjungan wisatawan ke Kota Sabang turun drastis, hanya mencapai 126 ribu -155 ribu orang.

Pada tahun 2022 telah meningkat mencapai 254 ribu orang mengunjungi Sabang. Dengan digelarnya Sabang Marine Festival 2023  selama tiga itu diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Sabang agar terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Ini adalah salah satu event andalan di Kota Sabang yang berkolaborasi dengan BPKS dan seluruh masyarakat di Kota Sabang, ini sudah lama terhenti karena pandemi. Kita berharap event ini menjadi momentum yang tepat untuk mempromosikan wisata Kota Sabang dan meningkatkan kembali geliat UMKM di Kota Sabang,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi.

Sumber : rri.co.id




0 Komentar