Ribuan Masyarakat Sabang Padati Ujung Barat Festival Tahun 2022 - Aceh Global News

Header Ads

test

Ribuan Masyarakat Sabang Padati Ujung Barat Festival Tahun 2022

Sabang.AGN - Semarakkan Ujung Barat Festival tahun 2022, ribuan masyarakat Kota Sabang padati festival tersebut di Gampong Jaboi pada hari ini, Sabtu (10/12/2022).

Pj Wali Kota Sabang Drs. Reza Fahlevi, M.Si mengatakan, bahwa Ujung Barat Festival tahun ini memiliki tujuan yang tidak lain yaitu guna mempromosikan desa wisata dan poduk-produk dari UMKM yang ada di Kota Sabang guna memajukan sektor pariwisata serta mendongkrak perekonomian masyarakat.

" Ujung Barat Festival ini temanya adalah mempromosikan desa wisata yang ada di Kota Sabang, hari ini kita laksanakan di Jaboi dan akan ada serangkaian kegiatan yang mengangkat nilai-nilai lokal", katanya kepada wartawan.

Pada Ujung Barat Festival ini, ribuan masyarakat Kota Sabang dari kalangan anak-anak hingga lanjut usia turut menyaksikan festival tersebut yang dibuka dengan diiringi tari Ranup Lampuan dari Sanggar Dance Kilometer Nol.

Tarian Ranup Lampuan dari Sanggar Dance Kilometer Nol tersebut yang dibawakan oleh lima orang penari dengan diiringi musik ciri khas Aceh yakni berupa suara terompet Seurunekalee,  meriahnya suara pukulan dari rapai yang menambah semangat ribuan para penonton hingga ramainya masyarakat yang menyaksikan.

Tidak hanya tarian Ranup Lampuan saja, melainkan banyak atraksi yang ditampilkan dalam festival ini, antara lain tarian kreasi Aneuk Meutuah dari kalangan para pelajar Gampong Jaboi yang merupakan suatu karya dari Muhammad Deni Gunawan, S.Pd sebagai penggiat seni aktif di Kota Sabang sekaligus ketua Sanggar Dance Kilometer Nol.

Sebanyak dua puluh tiga muda-mudi Gampong Jaboi yang terdiri atas dua belas laki-laki dan dua puluh tiga perempuan dari kalangan Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) membawakan tarian kreasi Aneuk Meutuah tersebut ditengah ramainya para penonton menyaksikan.

Tidak berhenti pada penampilan atraksi saja, dalam acara tersebut ribuan masyarakat menyerbu tenda-tenda dari UMKM untuk membeli jajanan hasil produksi rumahan (Home Industry) yang memiliki kualitas terbaik dari Kota Sabang guna disantap bersama teman maupun keluarga.

Melalui festival yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh tersebut, Pj Wali Kota Sabang berharap dengan dilaksanakan acara besar seperti ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat dalam melestarikan budaya serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

" Jadi kita harapkan event itu memberi dampak yang sangat positif bagi pemberdayaan masyarakat, bagi peningkatan ekonomi masyarakat, dan juga bagi pelestarian budaya", tutupnya.(Rian)

Tidak ada komentar