Festival Layang - layang pada Ujung Barat Festival - Aceh Global News

Header Ads

test

Festival Layang - layang pada Ujung Barat Festival

Sabang.AGNPuluhan masyarakat mengikuti Festival layang - layang di Lapangan Sepakbola Gampong Keuneukai pada hari ini, Minggu (11/12/2022).

Festival layangan tersebut diketahui masuk dalam rangakaian kegiatan Ujung Barat Festival tahun 2022 di gampong Jaboi Kota Sabang.

Pj Wali Kota Sabang Drs. Reza Fahlevi, mengatakan, bahwa kegiatan Festival Layangan ini merupakan bagian dari adat suatu daerah yang memiliki nilai - nilai tradisional dan kearifan lokal yang bisa diramu menjadi atraksi desa wisata.

" Hari ini kita ada kegiatan tradisional salah satu khasnya masyarakat Aceh yaitu perlombaan layangan "layang kleung". Ini juga bagian dari rangkaian kegiatan Ujung Barat Festival, karena Ujung Barat Festival," kata Reza Fahlevi kepada wartawan.

Menurutnya, Sabang tidak hanya terkenal akan wisata baharinya, namun juga keindahan alam yang masih sangat asri bisa dinikmati saat mengikuti Festival layangan ini, dan ini juga merupakan sesuatu aset yang dimiliki desa disabang untuk dikembangkan.

Nilai jual pariwisata Kota Sabang ini sangat tinggi, dari segala aspek yang masih bisa digali diantaranya sisi tradisi masyarakat, budaya, sejarah, dan lainnya mampu meningkatkan daya tarik wisatawan.

" Kita berada pada kawasan Keuneukai, tempatnya bagus sekali didepan gunung Mergo, hamparan luas menjadikan lokasi ini baik untuk Festival Layangan. Jadi Sabang ini punya banyak sekali daya tarik, tapi mungkin yang selama ini lebih dikenal bahari, ternyata bukan hanya bahari, jadi banyak yang dari sisi tradisi, budaya, sejarah, dan salah satunya perlombaan pada hari ini", ujarnya.

Hal senada dikatakan salah satu pengunjung, Lesley (36) merupakan warga negara Inggris yang telah lama menetap di Kota Sabang sangat terpukau dengan kearifan lokal yang ditampilkan pada pagelaran Ujung Barat Festival 2022.

" Hari ini kita datang ke festival ujung barat, kita senang sekali datang kesana, festival nampak cantik, ada banyak sekali aktivitas dan stan - stan handycraft yang menjual produk dari desa ini Jaboi, saya dari Iboih datang kesini bersama keluarga", katanya.

Lesley berharap kepada Pemerintah Kota Sabang agar kedepan dapat terus mengadakan event seperti ini dengan memprioritaskan ciri khas daerah dan memberikan informasi tentang keberadaan event tersebut. 

" Harapan saya kepada Pemerintah kegiatan seperti ini lebih banyak diadakan, karena ini salah satu ciri khas daerah. Saya juga berharap informasi tentang event disebarkan melalui media, saya baru tahu hari ini di Instagram ada event Ujung Barat Festival, saya pikir sudah terlambat, ternyata masih ada hari ini", tutupnya.(Rian)

Tidak ada komentar