Masyarakat Balohan Antusias Periksakan Kesehatan di Posko Pangakalan TNI AL Sabang - Aceh Global News

Header Ads

test

Masyarakat Balohan Antusias Periksakan Kesehatan di Posko Pangakalan TNI AL Sabang

Sabang.AGN - Antusias masyarakat dalam menghadiri bakti sosial yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL dalam rangka menyambut HUT Armada RI pada tanggal 5 Desember 2022.

Terlihat ratusan masyarakat ikut mengambil antrian untuk memeriksakan kesehatannya di posko kesehatan yang di pusatkan di desa bahari Gampong Balohan Sabang. 

Komandan Pangkalan TNI AL Sabang Kolonel Laut (P) Ali Setiandy, M.Tr (Han)., M.M. mengatakan, bakti sosial kali ini dalam rangka HUT Armada RI, kegiatan dilaksanakan sejak pagi dengan gotong royong membersihkan pantai kemudian dilanjutkan membuka posko kesehatan untuk masyarakat  serta pembagian sembako.

" Ini rangkaian HUT Armada RI pada tanggal 5 Desember mendatang, kita lakukan bakti sosial di gampong Balohan yang merupakan pencanangan desa Bahari Nusantara Pangkalan TNI AL di Sabang, selain bersih pantai kita juga melakukan pemeriksaan dan pengobatan kesehatan gratis baik kesehatan gigi, Imunisasi awal untuk anak serta kesehatan umum lainnya," kata Danlanal Sabang.

Lebih lanjut dikatakan Danlanal Sabang, melihat antusias masyarakat pada kegiatan ini sangat luar biasa maka pihaknya merencanakan untuk menjadikan ini sebagai kegiatan rutin setiap bulan yang akan dilaksanakan tim kesehatan Rumah Sakit Angkatan Laut J Lili Poly di Rumah Pintar milik TNI AL Sabang.

" Jadi rumah pintar ini adalah wadah untuk masyarakat gampong Balohan untuk memeriksakan kesehatan, posyandu, Imunisasi maupun kegiatan kesehatan lainnya. Munkin tidak kita lakukan sebulan sekali bisa sebulan dua kali, tergantung dari masyarakatnya," tambah Danlanal Kolonel Laut (P) Ali Setiandy.

Hal senada juga dikatakan Kepala Rumkital J.Lilipory Sabang, Mayor Laut (K) dr. Widodo Rahayu dimana bakti sosial yang diberikan oleh pihaknya yaitu pemeriksaan sekaligus pengobatan dengan menargetkan sebanyak 300 orang, namun apabila melebihi akan diarahakan ke Rumkital J.Lilipory Sabang.

" Berdasarkan hasil pantauan oleh tim kesehatan bahwa keluhan dari masyarakat hanya demam, pilek dan gatal. Artinya tidak ada penyakit serius yang diderita," kata Karumkital Sabang.

Lebih lanjut dr. Widodo Rahayu mengatakan, usai baksos hari ini pihaknya akan terus memantau perkembangan kesehatan, termasuk untuk yang sudah melakukan pengecekan kolesterol dan gula darah.

" Kita juga memantau anak - anak usia dini digampong Balohan ini, sembari mendukung program pemerintah terhadap stunting dan polio, akan kita  periksa dan data untuk mengetahui tumbuh kembang anak salah satu contoh apakah umur dan tinggi harus sesuai dengan berat badannya," jelas  dr. Widodo Rahayu.(Redaksi)


Tidak ada komentar