Kamis, 17 November 2022

Disbudpar Aceh Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay

Disbudpar Aceh Gelar Pelatihan Tata Kelola Homestay

Kadisbudpar Propinsi Aceh, Almuniza Kamal, S.STP., M.Si

Aceh Besar.AGN – Peduli Kepariwisataan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh memeberikan pelatihan tentang tata kelola Homestay kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Aceh, Almuniza Kamal, S.STP., M.Si, yang membuka kegiatan pelatihan tersebut, kepada Wartawan mengatakan, para peserta yang berasal dari desa-desa di Aceh Besar menginap langsung di homestay-homestay warga Gampong (Desa) Nusa, Aceh Besar yang jumlahnya puluhan tersebut.

“ Pelatihan berbeda dengan biasanya, kegiatan kali ini dilakukan langsung di Desa Wisata dengan mengambil tempat di Gampong Nusa, Aceh Besar. Jadi dilatih langsung di Homestay agar lebih menguasai,” kata Almuniza Kamal,Jum’at (18/11/2022).

Menurutnya, keputusan untuk melaksanakan pelatihan homestay langsung di desa wisata yang merupakan Ekosistem Natural dari homestay memiliki tujuan utama untuk memberikan pengalaman langsung bagi para peserta akan konsep dan pelayanan homestay.

Selain itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh sebagai lembaga resmi yang mengurus kepariwisataan di Aceh seyogyanya menjadi Role Model dalam pengembangan pariwisata desa. Dengan mengadakan kegiatan di desa wisata maka akan memberikan keuntungan langsung bagi perekonomian masyarakat desa.

Lebih lanjut Kadisbudpar Aceh mengatakan, dalam pelatihan kali ini para peserta juga dibekali ilmu dasar-dasar pengelolaan homestay, hospitality, dan standar minimal kebersihan dan kerapian homestay.

“ Tentunya para peserta akan melakukan praktik making bed dan kebersihan homestay yang dipandu langsung oleh salah satu general manager hotel berbintang di Banda Aceh,” tegasnya.

Kegiatan pelatihan dilakukan selama tiga hari kedepan, agar para peserta mulai lebih yakin dengan kemampuan mereka dalam mengelola homestay dan memiliki motivasi lebih tinggi dalam meningkatkan pendapatan di desa masing-masing.

Dia berharap, dengan pelatihan homestay ini, pariwisata yang telah menjadi salah satu andalan pendapatan masyarakat diharapkan dapat menyentuh lebih banyak unsur terutama penduduk berpendapatan menengah ke bawah yang hidup di gampong-gampong.(Redaksi)

 

 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2022 Aceh Global News | Created By OLG.link